alexametrics

Ragam Olahan Bandeng, Bikin Rolade Harus Teliti saat Pisahkan Duri

22 Mei 2022, 14:48:41 WIB

Tidak hanya enak digoreng atau dibakar, ikan bandeng juga bisa diolah dalam berbagai bentuk lain. Versi berbeda dari bandeng ini cocok buat pilihan lauk maupun camilan buat si kecil.

Misalnya, yang dilakukan Susanti Dewi. Di tangannya, ikan bandeng bertransformasi dalam bentuk rolade. Misi awalnya, dia ingin membiasakan anak-anak makan ikan. ”Bagaimana supaya yang tadinya enggan menoleh ikan bisa tertarik karena dijadikan rolade,” tuturnya saat dijumpai di Lakon Iwak, Bendul Merisi, Jumat (20/5) sore.

Menurut Dewi, ikan dengan nama Latin Chanos chanos itu memiliki keunikan dari segi tekstur dan rasa. Karena itu, tidak sulit memadukannya dengan bahan lain. Baik orisinal maupun olahan, rasanya sama-sama lezat. ”Ikan ini pada dasarnya sudah gurih. Punya sebutan milkfish karena rasanya yang creamy itu,’’ terang perempuan yang kini akrab disapa Mbak Bandeng itu.

Tantangannya hanya satu, yakni jumlah duri yang melimpah di daging ikan. Mulai bagian ekor hingga ujung kepala. Karena itu, harus jeli menguraikannya satu per satu. ”Meski kami merasa sudah bersih, saat digiling pun kadang masih ada duri yang tertinggal. Harus cermat,’’ ujarnya.

Selain rolade, Lakon Iwak yang berdiri sejak 2019 punya berbagai menu olahan bandeng lainnya. Mulai bandeng presto, bakar, otak-otak bandeng, nugget, bakso, hingga stick bandeng. ”Untuk olahan rolade, kami ambil bagian dagingnya saja. Sementara untuk stick, kami gunakan bagian kepala. Meski menggunakan bagian kepala, ternyata hasilnya juga enak. Lalu, kulitnya bisa dibuat semacam rambak,’’ ujarnya.

Menurut dia, mengolah bandeng tidak sesulit yang dibayangkan orang. Kuncinya hanya selalu gunakan ikan yang segar. Kemudian, pahami karakteristik ikan bandeng yang sudah teruji, seperti tidak bau tanah. ”Saya ambilnya langsung dari tambak. Karena lebih segar,’’ paparnya.

RESEP ROLADE BANDENG

BAHAN ROLADE

Daging bandeng giling bebas duri 100 gr

Telur 1 butir

Tepung roti 1/4 ons

Bawang putih 2 siung

Bawang bombai 1/2 potong

Bawang pre 1 batang

Pala bubuk

Merica

Ketumbar

Garam

Kaldu jamur

BAHAN PELAPIS

Telur 1 butir

Tepung maizena 1/2 sendok makan

Air 3 sendok makan

CARA MEMBUAT:

KULIT TELUR ROLADE

Campurkan telur, air, dan maizena. Aduk hingga merata dan saring.

Siapkan teflon panas dan dadar melebar.

MENGGULUNG ROLADE

Siapkan lembaran telur dadar beralas daun pisang. Tuang adonan bandeng di atasnya. Lebarkan hingga merata. Gulung perlahan dan bungkus dengan daun pisang. Kukus sekitar 20 menit. Setelah matang, rolade siap digoreng atau dimasak dengan cara lain.

ISIAN ADONAN ROLADE

Tumis bawang putih halus, bawang pre, dan bawang bombai yang telah diiris tipis. Masukkan pala bubuk dan tumis hingga kecokelatan.

Campur bahan tumisan dengan daging bandeng giling dan tepung roti. Masukkan garam, ketumbar, merica, dan kaldu jamur. Aduk hingga tercampur sempurna. Kemudian, masukkan satu butir telur yang telah dikocok. Aduk semua bahan hingga tercampur.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c6/nor

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads