alexametrics

Penanganan Covid-19 Dipuji Jokowi, Gubernur Sumbar Ajak Perantau Mudik

20 Juli 2020, 22:28:40 WIB

JawaPos.com – Penanganan pandemi covid-19 Sumatera Barat (Sumbar) mendapat pujian dari Presiden Jokowi. Provinsi tersebut termasuk lima provinsi terbaik dalam menangani covid-19. Hasil itu membuat Gubernur Sumbar Irwan Prayitno percaya diri mengajak para perantau asal Ranah Minang mudik atau pulang kampung pada Idul Adha mendatang.

“Penanganan Covid-19 di Sumbar sudah terkendali secara baik. Karena itu dalam masa adaptasi kebiasaan baru ini kita siap menerima kunjungan dengan pola disiplin protokol kesehatan,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno seperti dikutip dari Antara, Senin (20/7).

Irwan Prayitno menyebut, kondisi Sumbar saat ini sudah sangat baik. Semua itu berkat pengendalian wabah korona yang dilakukan dengan empat strategi. Yakni, testing, tracing, isolasi dan treatment. Langkah itu mendapat pujian dari Presiden Jokowi. Sumbar masuk lima besar terbaik nasional. “Silahkan datang, Sumbar siap menyambut perantau dan wisatawan,” kata politikus PKS itu.

Irwan sangat percayaaa diri mengajak perantau mudik pada Idul Adha atau 31 Juli 2020 mendatang karena pada Idul Fitri lalu banyak perantau asal Minangkabau batal pulang kampung atau mudik. Sebab, waktu itu Sumbar sedang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Penerapan PSBB itu untuk memberantas penularan virus korona di Sumbar.

Akibatnya perjalanan menuju Sumbar, baik via darat, laut, dan udara mendapat pengetatan. Orang dari luar tidak boleh datang dulu ke Sumbar, kecuali dengan alasan tertentu.

Kini setelah kasus covid-19 mulai, Irwan Prayitno bersama jajarannya mulai menjalani “Sales Mission”. Misi penjualan itu dikemukakan di Balairuang Jakarta, pada Sabtu (18/7) kepada ikatan perantau Minang di Jabodetabek.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial mengatakan, Sales Mission digelar untuk menginformasikan langkah-langkah yang sedang dilakukan Pemprov Sumbar di masa adaptasi kebiasaan baru. Langkah itu dengan orientasi pemulihan ekonomi berbasis wisata.

Saat ini Pemprov Sumbar bersama asosiasi pariwisata tengah menyusun Paket Sumbar Tourism Great Sale. Paket itu menawarkan paket wisata dengan harga tiket pesawat minimal, hotel discount fixed rate, dan coach discount fixed rate. Paket itu berlaku selama 3 bulan ( Agustus – Oktober 2020).

Novrial berharap Sumbar Tourism Great Sale bisa mendorong kunjungan wisatawan. Citra pariwisata Sumbar semakin baik pascapandemi Covid-19.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Antara



Close Ads