alexametrics

Resep Korean Cake, Tar Imut Berlapis Krim

Dessert Ekonomis Berpotensi Bisnis
19 Juni 2022, 16:48:06 WIB

JawaPos.com – Merayakan ulang tahun tak mesti perlu tar besar. Cake ala Korea kini jadi alternatif yang digemari. Dengan dekorasi cantik dan tekstur lembut, Korean cake pun layak dipertimbangkan untuk bisnis.

Umumnya, Korean cake dibuat dengan cake bertekstur padat. Namun, dalam kreasinya, Vanessa De Giovani menggunakan sponge cake. Teksturnya ringan, tapi tetap kukuh dan tidak mudah hancur. Kali ini, dia berbagi resep Korean cake dengan dasar sponge cake cokelat.

Untuk mendapat rasa, warna, dan aroma cokelat yang pekat, dia memadukan pasta cokelat dengan kakao bubuk. Meski demikian, Vanessa menjelaskan, cake cokelat memiliki karakteristik yang berbeda dengan rasa lainnya. ’’Hasil jadinya nggak ’setinggi’ cake vanila atau moka. Soalnya, pastanya juga mengandung gula,’’ ucapnya.

Cake ala Korea tidak lengkap tanpa buttercream. ’’Pakai Swiss meringue. Bukan krim dari mentega putih,’’ ujar penggemar baking yang membuka kursus daring itu. Vanessa menggunakan teknik double boiled –atau ditim– dengan tambahan butter tawar. Jadi, krim terasa ’’halus’’ dan mirip es krim.

Karena berukuran mungil, satu resep bisa menghasilkan beberapa Korean cake. Bahkan, masih ada sisa tepian. Vanessa menjelaskan, cake yang tidak bulat utuh bisa ’’ditambal’’ dengan buttercream. ’’Nggak masalah kalau potongannya tidak sempurna. Soalnya, penyajiannya kan ditutup krim,’’ lanjutnya. Satu resep ini menghasilkan tujuh Korean cake berdiameter 8 cm. Plus, sisa tepian cake.

Menurut Vanessa, tepian cake pun masih bisa dimanfaatkan jadi dessert box. ’’Tinggal disusun di cup, lalu diseling dengan krim dan isian,’’ imbuh owner De Giovani Koekjes tersebut. Dia menilai bisnis Korean cake masih menjanjikan. Sebab, resep itu sangat luwes dikreasikan. Mulai varian rasa hingga dekorasi.

RESEP KOREAN CAKE

CAKE

– Telur 6 butir

– SP 10 gram

– Gula pasir 100 gram

– Tepung terigu protein rendah 100 gram

– Susu bubuk 10 gram

– Tepung maizena 10 gram

– Bubuk kakao 10 gram

– Butter 100 gram

– Pasta cokelat 10 gram

BUTTERCREAM

– Putih telur 70 gram

– Gula pasir halus 125 gram

– Unsalted butter 150 gram

– Pewarna makanan oil-based

– Sprinkles

CARA MEMBUAT

CAKE

1. Campur telur, SP, dan gula. Kocok dengan mixer. Naikkan kecepatan ke tingkat maksimal secara perlahan. Kocok selama 10 menit.

2. Sementara itu, lelehkan butter dan pasta cokelat di pan. Ketika mentega mulai leleh, matikan api. Aduk rata hingga mentega dan pasta cokelat tercampur rata.

3. Di wadah terpisah, ayak tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, dan bubuk kokoa.

4. Setelah adonan mencapai tekstur kental berjejak, turunkan kecepatan mixer. Tambahkan campuran tepung secara bertahap dan naikkan kecepatan ke tingkat medium.

5. Turunkan kembali kecepatan mixer, lalu masukkan butter yang telah dilelehkan sedikit demi sedikit. Setelah tercampur rata, matikan mixer.

6. Ratakan adonan dengan whisk. Gunakan spatula untuk mencampur adonan di tepi dan dasar mangkuk. Aduk searah dengan cara memutar wadah secara perlahan.

7. Siapkan loyang berukuran 26 x 26 cm. Olesi tipis dengan mentega, lalu lapisi dengan kertas roti. Pastikan kertas di sisi kiri-kanan lebih tinggi daripada loyang.

8. Tuang perlahan adonan dalam loyang, lalu ratakan dari bagian tengah ke tepian. Kemudian, goyang dan banting perlahan loyang untuk mengeluarkan gelembung udara.

9. Panggang cake dalam oven bersuhu 180 derajat Celsius dengan api atas-bawah selama 20–22 menit.

10. Setelah matang, scrap tepian cake. Segera keluarkan cake dari loyang, lalu lepas kertas roti. Biarkan hingga mencapai suhu ruang.

11. Potong cake dengan cetakan bulat. Bagian tepian cake bisa disambung dengan tambahan butter cream.

BUTTERCREAM

1. Campur putih telur dan gula. Masak dengan teknik double boiler (ditim) dengan api kecil. Aduk perlahan hingga gula larut, lalu kocok hingga berbusa dan putih.

2. Kocok adonan dengan mixer berkecepatan tinggi hingga mengembang. Masukkan unsalted butter secara bertahap sambil terus diaduk.

PENYAJIAN

1. Bagi buttercream menjadi beberapa bagian. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera, lalu aduk rata.

2. Siapkan kertas roti. Beri sedikit buttercream, ratakan, lalu lekatkan cake.

3. Oles dengan buttercream putih sebagai dasar. Ratakan hingga ke bagian tepi. Gunakan scrape untuk meratakan permukaan cream.

4. Hias dengan buttercream yang telah diberi pewarna dan sprinkles. Korean cake siap disajikan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads