alexametrics

Terpengaruh Covid-19, Bali Hentikan Sementara Promo Wisata

19 Maret 2020, 16:34:19 WIB

JawaPos.com – Salah satu lini yang mengalami pukulan paling telak karena terimbas wabah korona adalah pariwisata. Dua bulan terakhir, angka kunjungan di destinasi yang biasanya menjadi jujukan turis lokal maupun asing menurun drastis. Misalnya, Pantai Kuta di Badung, Bali. Apalagi, berdasar Surat Edaran (SE) Bupati Badung Nomor 183 Tahun 2020 tentang tindak lanjut terkait pencegahan persebaran Covid-19, sejumlah program dinas pariwisata mengalami penundaan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung I Made Badra menyatakan, berdasar poin ketiga dalam SE itu, kegiatan perjalanan dinas ke luar negeri dan luar daerah Kabupaten Badung harus ditunda. Kecuali sangat penting dan mendesak. ’’Sementara, kita tiadakan promosi pariwisatanya. Baik ke luar maupun dalam negeri,” terangnya kemarin (18/3).

ISU LOCKDOWN: Turis menggeret kopernya menuju Pelabuhan Penyeberangan Gili Trawangan, Lombok Utara, Rabu (18/3). (IVAN MARDIANSYAH/LOMBOK POST)

Kondisi serupa terjadi di wisata Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan, NTB. Gubernur NTB H Zulkieflimansyah dikabarkan melakukan penutupan terhadap tempat wisata itu. Sejumlah pengusaha pun keberatan.

”Seharusnya kami diberi sinyal tiga hari atau seminggu sebelumnya supaya bisa mengantisipasi. Terus terang saja, kebijakan itu membuat panik wisatawan,” ujar GM Villa Karang Dewadi.

Zulkieflimansyah menegaskan, pihaknya tidak menerapkan kebijakan lockdown di tiga gili tersebut, melainkan hanya membatasi pergerakan wisatawan. Khususnya yang datang dari Bali. Langkah itu diambil karena sudah ada pasien positif korona di Bali.

Sementara itu, sebanyak 107 museum di tanah air juga menutup kunjungan mulai minggu lalu. Penutupan tersebut didasarkan pada kondisi persebaran Covid-19.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : dwi/fer/elo/c18/ayi

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads