alexametrics

Resep Steak Hot Plate dengan Saus Mushroom

17 Oktober 2021, 16:48:52 WIB

MENU steak hot plate bisa menjadi pilihan saat ingin berkreasi dengan daging. Sebab, bahan dan pembuatannya cukup mudah. Meski mudah, menu tersebut tetap mengenyangkan.

CHEF Andryas dari Hotel Wyndham Surabaya berbagi resep dalam membuat steak hot plate dengan saus mushroom saat dijumpai Selasa (12/10).

Dia menjelaskan bahwa steak hot plate sangat cocok untuk dinner. Apalagi saat di-pairing dengan wine. ”Biasanya menu ini disajikan untuk gala dinner atau saat perayaan musim tertentu. Tapi, kurang cocok kalau untuk lunch,” terangnya.

Andryas juga menerangkan cara menikmati steak yang tepat. Yakni, saat daging dimasak tidak terlalu matang, lalu disajikan di hot plate yang masih panas-panasnya. ”Nah, dari dapur sampai ke meja kita, biasanya steak sudah medium well,” jelasnya.

Berbeda jika daging sudah dimasak medium well, sampai di meja steak menjadi sangat matang. Hal itulah yang biasanya menyebabkan daging menjadi lebih keras.

Hal lain yang diterangkannya soal menikmati steak hot plate saus mushroom atau jamur adalah timing dalam melumuri steak dengan sausnya. ”Karena steak ini disajikan di atas hot plate, timing paling pas buat nuangin sausnya itu saat masih panas-panasnya,” ujarnya. Sebab, dalam keadaan semua masih panas, area hot plate akan mengeluarkan asap saat saus dituang.

”Dan selain dari visualnya yang menarik, saat asap naik itu sebenarnya aroma wangi dari bahan-bahan tadi akan sangat tercium,” sambungnya. Aroma yang muncul itu adalah aroma herb terapi yang ada di dalam saus.

BAHAN STEAK HOT PLATE

Tenderloin USA : 180 gram

Butter : 5 gram

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ama/c7/tia




Close Ads