alexametrics

Kemenparekraf Rilis Panduan untuk Hotel dan Restoran

15 Juli 2020, 16:13:53 WIB

JawaPos.com – Untuk menunjang pembukaan pariwisata pada masa pandemi Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menerbitkan beberapa panduan. Yang terbaru adalah panduan protokol kesehatan di bidang hotel dan restoran.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyatakan, industri pariwisata harus bersiap diri untuk dapat memberikan jaminan kebersihan, kesehatan, dan keselamatan. Menurut dia, panduan protokol kesehatan itu merupakan turunan dari Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

’’Hotel dan restoran dapat berkontribusi dalam membangkitkan industri pariwisata Indonesia,’’ ujarnya.

Dia menekankan bahwa pedoman itu tidak menjadi seremoni belaka. Namun, diikuti pelaksanaan protokol kesehatan.

’’Terkadang banyak orang yang tidak paham meski sudah mengetahui isi protokol,’’ imbuhnya.

Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani mengatakan, panduan untuk layanan makanan dan minuman dapat memperkuat panduan protokol kesehatan. Hal itu diharapkan dapat mendorong kepercayaan masyarakat yang berujung pada terciptanya demand.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) Rahayu Setiowati menyatakan, buku panduan tersebut memiliki dua tujuan utama. Pertama, diharapkan dapat menekan persebaran Covid-19. Kedua, upaya mempercepat pemulihan perekonomian bangsa sehingga kegiatan masyarakat dan industri dapat kembali berjalan normal.

’’Tujuan ini hanya akan tercapai jika ada kerja sama dari pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat,’’ kata Rahayu.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

 

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : lyn/c19/ttg



Close Ads