alexametrics

Pariwisata Hidup Kembali, Dimulai Dari Liburan di Kota Masing-masing

13 Juni 2020, 07:57:11 WIB

JawaPos.com – Pemerintah berencana menghidupkan kembali sektor pariwisata yang selama ini babak balur akibat kebijakan pemerintah daerah karena ancaman angka peningkatan kasus penularan Covid-19. Namun saat ini seiring dengan masa transisi menuju gerbang new normal tengah dicarikan cara terkait protokol kesehatan Covid-19 pariwisata yang telah berada di tangan Kementerian Kesehatan.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Odo R.M.Manuhutu mengatakan, pemerintah akan fokus meningkatkan wisata domestik hingga ke angka 70 persen. Salah satu caranya adalah mendorong wisata dalam kota. Hal ini akan dimulai sekitar 1 sampai 3 bulan ke depan.

Odo menjelaskan, nantinya akan ada promosi yang dilakukan tiap daerah-daerah untuk membuat wisatawan plesiran di daerahnya saja. Dia menjelaskan misalnya ada diskon hotel untuk masyarakat di suatu daerah dengan menunjukkan KTP daerah itu sendiri.

“Misal di Banten, Anda warga Banten, gunakan KTP Banten ke hotel di Banten dapat paket diskon,” ujarnya dalam acara diskusi virtual, Jumat (12/6).

Ia memaparkan, hal tersebut bertujuan untuk membuka roda perekonomian daerah. Disamping itu, bisa mencegah masyarakat ke luar masuk suatu daerah untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19. “Nanti mungkin misalnya di Padang, akan ada hashtag #DiPadang aja,” ucapnya.

Ia menambahkan, terkait wisatawan asing, Odo mengatakan pihaknya dengan Kemenparekraf dan Kemenlu sedang berdiskusi untuk membuka travel bubble ke 4 negara. Mulai dari Korea Selatan, Australia, Jepang, dan Tiongkok.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads