alexametrics

Alasan Pemerintah Bidik Turis Mancanegara Kelas A dan B

13 Juni 2020, 09:06:04 WIB

JawaPos.com – Pemerintah berencana untuk membuka peluang wisatawan mancanegara untuk kembali berwisata di tanah air. Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Odo Manuhutu mengatakan wisatawan mancanegara yang akan dibidik adalah turis kelas A dan B.

Alasan mengincar turis yang masuk golongan berada adalah untuk mendorong wisata berkualitas. Kualitas yang dimaksud adalah besaran pengeluaran kantong turis saat berlibur di Indonesia. “Kenapa mendorong kelas A dan B apa? Jadi kita mendorong quality tourism,” ujarnya dalam diskusi virtual Jumat (12/6).

Ia menyebut, salah satu riset menyebut sejak 2008 hingga 2019 wisatawan asing yang berkunjung di Bali terus meningkat. Namun, jumlah uang yang dihabiskan selama berlibur di Bali justru berkurang. “Tapi spend per day menurun 8 persen pengeluaranya,” ucapnya.

Sehingga, pemerintah ingin mengincar turis asing yang berlibur akan menghabiskan banyak uang di Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk mendukung roda perekonomian di daerah tempat wisata tersebut. “Justru yang kita inginkan kan dia tinggal 3-4 hari di sana, tapi spend-nya besar,” imbuhnya.

Dengan berlibur di Indonesia, kata dia, otomatis akan membeli produk lokal buatan sektor UMKM dengan tetap menjaga kualitas perekonomian di daerah wisata. “Ibarat you come to Indonesia, spend money here, buy local product,” katanya.

Disamping itu, ongkos liburan dari luar negeri ke Indonesia pun akan lebih mahal. Dia mencontohkan untuk harga tiket pesawat saja pasti akan naik, hal itu dikarenakan adanya pembatasan jumlah penumpang. “Oleh karena itu misal Anda berlibur, bisa bayar tiket apa nggak soal itu,” tutupnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads