alexametrics

Growgoland Water Fun Mulai Jadi Pengungkit Perekonomian Warga

12 Oktober 2020, 09:34:18 WIB

GROWGOLAND Water Fun adalah satu dari sekian banyak destinasi wisata di Jatim yang diinisiatori masyarakat desa. Kini keberadaannya mampu mengungkit perekonomian warganya.

Berdirinya destinasi tersebut tak terlepas dari kerja sama elemen masyarakat desa itu. Baik di kelompok sadar wisata (pokdarwis) desa setempat maupun lembaga masyarakat desa hutan (LMDH).

Sejak kali pertama dibuka pada 2017, kini Growgoland Water Fun dikelola pokdarwis yang merupakan unit usaha BUMDes setempat. ”Sejak November 2019, yang mengelola adalah pokdarwis. Sesuai dengan kesepakatan desa,” kata Ketua Pokdarwis Ngunut Agus Wahyudi.

Dia menyatakan, sumber air menjadi yang paling menarik pengunjung. Berenang dan bermain di sumber air menjadi kegemaran karena kejernihan dan kesegaran air dari sumber di bawah pohon. ”Satu-satunya air paling jernih di Bojonegoro,” ujarnya.

Baca juga: Growgoland Water Fun Sajikan Panorama Underwater di Tengah Pepohonan

Ada dua mata air yang mengalir tanpa henti. Satu berada di hutan dan satunya tepat di objek wisata. Di sana juga ada Gua Landak yang baru dibuka pada 2018. Bersebelahan dengan wisata edukasi pembibitan jati, porang, dan kayu putih.

Untuk mengembangkan destinasi tersebut, beragam upaya dilakukan pengelola. Selain dilakukan secara swadaya, mereka bekerja sama dengan sejumlah perusahaan di Bojonegoro. Di antaranya, menyediakan fasilitas permainan anak-anak dari corporate social responsibility sebuah perusahaan.

Destinasi wisata itu juga mulai mampu menjadi pengungkit perekonomian warga desa. Salah satunya melalui kuliner. Pengelola mendirikan kompleks warung di sana. Pengelolanya adalah masyarakat sekitar. ”Warung-warung ini adalah bantuan dari BUMDes. Menggandeng warga untuk berjualan,” ujarnya.

Karena potensinya yang cukup besar, pengembangan Growgoland Water Fun tak berhenti sampai di sini. Pengelola berencana mendirikan sejumlah fasilitas baru di sana. Mulai membuat balai-balai hingga fasilitas tambahan lain. ”Pembangunannya bekerja sama dengan berbagai pihak terkait seperti Perhutani dan pemerintah desa,” jelasnya.

TEDUH: Deretan pepohonan berukuran jumbo menambah nuansa alami Growgoland Water Fun. Daun lebatnya membuat kawasan itu begitu teduh. (NURCHOLIS/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : irv/c12/ris




Close Ads