alexametrics

Pemerintah Bakal Bangkitkan Lagi Industri Pariwisata

12 Juni 2020, 22:56:45 WIB

JawaPos.com – Pemerintah akan segera menghidupkan kembali sektor industri pariwisata yang selama masa pandemi korona (Covid-19) menjadi bisnis yang paling tertekan. Pemerintah daerah terpaksa menerapkan Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena ancaman penularan Covid-19 dapat terus bertambah.

Seiring dengan adanya masa transisi PSBB sebagai gerbang tatanan kehidupan baru atau new normal membuat adanya secerca harapan bagi sektor usaha di bidang pariwisata.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Odo R.M.Manuhutu mengatakan, saat ini pemerintah tengah berfokus untuk membuat daya tarik bagi wisatawan domestik. Segingga, pemerintah sedang menyiapkan protokol kesehatan untuk industri pariwisata.

Odo membeberkan, saat ini protokol kesehatan tersebut telah sampai di Kementerian Kesehatan untuk dikaji kembali dan kemudian diterbitkan dalam waktu dekat. “Kami siapkan dan draft-nya ini sudah di Kemenkes. Nanti akan dikeluarkan protokolnya dalam waktu dekat,” ujarnya dalam acara diskusi, Jumat (12/6), seperti dikutip dari Antara.

Menurutnya, protokol kesehatan Covid-19 untuk sektor pariwisata bukan hanya dibuat oleh pemerintah bamun juga telah dibahas dengan asosiasi untuk menciptakan rasa percaya pada masyarakat, dalam hal ini wisatawan bahwa ada tempat yang aman untuk dikunjungi.

Disamping itu, Odo juga menuturkan pemerintah akan fokus meningkatkan wisata domestik hingga ke angka 70 persen. Salah satu caranya adalah mendorong in city tourism, alias wisata dalam kota. Hal ini akan dimulai sekitar 1-3 bulan ke depan. (*)

 

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads