alexametrics

Berkunjung ke Kedai Kopi Tertua di Singapura Killiney Kopitiam

12 Maret 2021, 15:56:08 WIB

JawaPos.com – Dalam rangka meningkatkan keinginan masyarakat, khususnya Indonesia untuk berwisata ke Singapura, Singapore Tourism Board (STB) melaksanakan SingapoReimagine MICE Virtual Show. ini merupakan upaya Singapura untuk mendorong pemulihan industri MICE dan memberikan peluang bisnis bagi para mitra.

Executive Director (Conventions, Meetings & Incentive Travel), Singapore Tourism Board, Edward Koh mengatakan bahwa Singapura mulai menata kembali masa depan bisnisnya. Hal yang dilakukan adalah dengan bermitra dengan pelaku industri MICE.

“Untuk mendorong batasan baru menggunakan teknologi dan kreativitas. Kami mengubah model industri untuk meraih peluang baru, dan memperkuat reputasi kami sebagai destinasi yang aman, terpercaya, dan inovatif untuk acara bisnis,” ujar dia dalam keterangannya yang dikutip JawaPos.com, Jumat (12/3).

Salah satu mitra yang diutus menjadi destinasi tur virtual adalah Killiney Kopitiam. Untuk diketahui, kedai kopi ini merupakan bagian sejarah dari Singapura karena telah berdiri sejak 1919.

Killiney Kopitiam  merupakan salah satu waralaba food and beverage (F&B) terbesar di Singapura. Jumlah total outlet dari Killiney mencapai 60 kedai. Salah satu yang baru dibuka berlokasi di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Tan Boon Yick selaku pemandu tur memberikan penjelasan bahwa Killiney Kopitiam ini beroperasi pertama kali di 67 Killiney Road. Ternyata, kedai kopi ini dari awal tidak memakai nama Killiney, melainkan Kheng Hoe Heng Coffeeshop.

Mengenai itu, Manager Operasional sekaligus barista, William Ling mengungkapkan bahwa hingga pada 1993, pelanggan kedai kopi bernama Woon Tek Seng pun membeli kedai kopi itu karena jatuh hati dengan racikan kopi, teh serta roti panggang di kedai tersebut. Akhirnya kedai tersebut berganti nama menjadi Killiney Kopitiam setelah direnovasi.

Killiney Kopitiam juga dikenal dengan cita rasa khas Hainan, salah satu provinsi di Tiongkok. Alasannya adalah salah satu pegawai bernama Ah Goong yang merupakan warga asli Hainan yang bertugas sebagai barista di kedai kopi tersebut.

Kemudian di Killiney Kopitiam, kopi yang disajikan merupakan campuran dari biji robusta dan arabika dengan rasio 70:30. Oleh karena itu, rasa dari kopi milik Killiney didominasi rasa pahit dibandingkan asam.

Boon juga memberikan penjelasan bahwa masyarakat di Singapura menggemari minum kopi ditemani roti panggang isi selai kaya dan telur setengah matang di pagi hari.

“Sarapan ala orang Hainan itu terkenalnya adalah french toast, soft boiled egg dan kopi,” jelas Boon.

Adapun, kini Killiney juga berekspansi dan telah memproduksi varian kopi bubuk instan. Mulai dari Premium White Coffee, Premium Kopi-o dan Premium Milk Tea. Selain itu juga ada bumbu masak instan dengan varian mie rebus dab laksa yang merupakan makanan favorit pengunjung.

“Kopi itu halal dan bumbu yang disajikannya juga halal,” kata William.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking




Close Ads