alexametrics

Deretan Wisata di Jakarta yang Sudah Buka Oktober 2021

11 Oktober 2021, 15:07:59 WIB

JawaPos.com – Kota Jakarta sampai saat ini masih Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Terbaru, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan jika status level Jakarta masih sama. Sekaligus pemberitahuan jika PPKM masih diperpanjang sampai dengan periode 5-18 Oktober 2021.

Lalu bagaimana dengan syarat masuk Jakarta terbaru? Kurang lebih sama seperti yang sebelumnya. Namun yang terbaru adalah sekarang warga luar kota yang hendak ke ke Jakarta tidak perlu lagi menunjukkan aplikasi PeduliLindungi. Karena, vaksinasi yang dilakukan sudah bisa dilacak dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Sementara untuk peraturan di tempat wisata dilakukan uji coba protokol kesehatan yang telah ditentukan dan disepakati. Yuk cek berikut ini rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang sudah buka selama PPKM Level 3 ini.

1. Taman Mini Indonesia Indah
Siapa yang tidak kenal dengan wisata satu ini? Popularitasnya sudah seantero negeri. Dan ini memang menjadi salah satu tempat wisata favorit selama liburan. Kabar gembiranya, wisata yang berada di Jakarta Timur ini sudah mulai buka. Tentunya dengan melakukan protokol kesehatan yang ketat.

Tempat ini sudah mulai membuka wahananya sejak 10 September 2021. Namun belum semua unit wahananya buka, ada beberapa saja. Contohnya saja Museum Fauna Indonesia dan Taman Burung. Meski begitu setidaknya bisa mengobati kerinduan akan jalan-jalan. Adapun aturan yang perlu dipatuhi para pengunjung antara lain sudah melakukan vaksinasi minimal dosis pertama, menjalani pengecekan suhu, kendaraan disemprot desinfektan. Satu hal lagi yang perlu diketahui, wahana TMII yang sudah dibuka, mulai beroperasi mulai pukul 06.00-18.00 WIB.

2. Dunia Fantasi
Wisata selanjutnya adalah Dunia Fantasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Dufan. Tempat ini sudah mulai beroperasi sejak tanggal 14 September 2021. Meski sudah dibuka, namun ada beberapa orang yang belum diperbolehkan memasuki Dufan. Antara lain anak-anak usia 12 tahun ke bawah, orang dengan umur 70 tahun ke atas, dan ibu hamil.

Tidak hanya itu saja, persyaratan lainnya yang perlu dipenuhi adalah Anda sudah melakukan vaksinasi. Selama di lokasi, Anda harus menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan juga menjaga jarak. Setelah memenuhi berbagai persyaratan sebelumnya, Anda bisa menikmati berbagai wahana yang telah dibuka.

Alamat Dufan ini berada di Jl. Lodan Timur, No. 7, Ancol, Jakarta Utara. Jam operasionalnya mulai dari pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Untuk bisa menikmati berbagai wahana yang ditawarkan, Anda perlu melakukan reservasi terlebih dahulu selama pandemi ini.

3. Pos Block Jakarta
Sementara bagi Anda yang hobi belajar sejarah, khususnya tentang pos bisa berkunjung ke Pos Block Jakarta. Ini merupakan salah satu tempat wisata baru yang mulai beroperasi pada 17 Agustus 2021. Tidak sepenuhnya baru, tempat wisata satu ini menggunakan gedung bersejarah di Tanah Air, yakni Gedung Filateli. Alamatnya berada di Jl. Pos No. 2, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Jam operasionalnya, saat weekday mulai pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB. Sementara saat akhir pekan akan buka jauh lebih pagi. Ada banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Belajar sejarah, hunting foto, kulineran sampai dengan nongkrong. Namun ingat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan.

4. Setu Babakan
Kemudian bagi yang ingin mendalami berbagai budaya Betawi di Jakarta, Anda bisa langsung ke Kampung Budaya Setu Babakan. Tempat ini juga sudah buka selama PPKM. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di tempat ini, mulai dari belajar berbagai budaya, menikmati pertunjukan tradisional seperti tarian, sampai dengan melihat secara langsung berbagai bangunan khas Betawi.

Fasilitas di tempat ini sudah sangat memadai, mulai dari parkir yang luas sampai dengan berbagai toko souvenir pun juga ada. Jadi jika Anda ingin membawakan oleh-oleh untuk keluarga di rumah, sangat memungkinkan. Banyak pernak-pernik khas Betawi yang bisa dibawa pulang. Bisa juga dijadikan kenang-kenangan di rumah. Alamat lengkap Setu Babakan ini berada di Jl. RM. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Jam operasionalnya mulai dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Seperti tempat-tempat sebelumnya, Anda juga perlu menerapkan berbagai protokol kesehatan di tempat ini.

5. Hutan Mangrove

Hutan bakau di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, Jakarta Utara. (Dok.JawaPos.com)

Jakarta memang salah satu kota besar di Indonesia dengan segudang tantangan di dalamnya. Mulai dari kemacetan yang seakan tiada habisnya sampai dengan kualitas udara yang cukup memprihatinkan. Jika sudah demikian, Anda perlu liburan ke tempat dengan udara yang bersih namun tidak jauh dari pusat Jakarta. Rekomendasinya adalah Hutan Mangrove.

Di sini Anda akan melihat air danau yang bersih, mangrove yang tumbuh subur, lengkap dengan beberapa tambahan seperti spot foto. Bagi yang ingin menginap pun juga tidak masalah, karena sudah ada penginapan di sekitarnya. Alamat tempat wisata ini berlokasi di Jl. Garden House, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Jam bukanya mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan 16.00 WIB. Untuk syarat masuknya, kurang lebih sama dengan sebelum-sebelumnya. Minimal sudah vaksin dosis pertama, menerapkan protokol kesehatan 5 M, anak-anak di bawah usia 12 tahun masih dilarang dan sebagainya.

Itulah deretan rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang sudah buka selama PPKM Level 3 sekarang. Bagi yang tertarik untuk berkunjung ke Ibu Kota, bisa pesan tiketnya di Traveloka ya. Prosesnya sangat mudah, harga murah, dan sangat cepat.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads