alexametrics

Menparekraf Siapkan Strategi Hadapi Pasca Pandemi Covid-19

11 Mei 2020, 00:14:56 WIB

JawaPos.com – Indonesia menghadapi tantangan besar setelah pandemi covid-19 ini usai. Tantangan pertama adalah mengembalikan semangat untuk bangkit untuk semua lapisan negara. Pada kondisi ini generasi milenial menjadi salah satu harapan untuk bangkit.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyebut, pasca covid-19 akan muncul situasi new normal. Situasi itu sudah inline dengan apa yang dijalankan Kemenparekraf. Sebelumnya munculnya pandemi Covid-19, Kemenparekraf telah mengubah strategi untuk memajukan pariwisata.

“Strategi itu harus kembali ke dasar-dasar kebutuhan wisatawan, yaitu kebersihan. Contohnya toilet yang bersih. Destinasi yang bersih dan dilengkapi toilet yang bersih akan jauh lebih menarik,” tutur Wishnutama saat mengikuti Virtual Conference, Minggu (10/5). Diskusi itu juga diikuti oleh Anggota DPR Maman Abdurrahman.

Lebih jauh Wishnutama mengatakan, strategi lainnnya di Kemenparekraf adalah masalah keselamatan. Sebagai contoh, rescue yang harus ada di area pantai.

Untuk ekonomi kreatif, Kemenparekraf mendorong hadirnya kreativitas di masing-masing destinasi. Caranya dengan melakukan training, coaching, dan lainnya. “Sektor pariwisata sudah sangat siap dengan new normal. Karena new normal pasca Covid-19 sudah inline dengan apa yang kita jalankan,” imbuhnya.

Dijelaskan Wishnutama, new normal lainnya pasca covid-19 adalah era digital yang terakselerasi dengan cepat saat covid. Dalam kondisi seperti ini seluruh orang dipaksa melakukan aktivitas secara digital. Artinya, ada potensi digital yang jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Anggota DPR Maman Abdurrahman memaparkan bahwa tidak mudah menghadapi wabah pandemi Covid-19. Negara besar sekelas seperti Amerika Serikat saja kewalahan, apalagi negara lain. Di dalam negeri banyak sektor yang terdampak.

“Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat terdampak. Kita semua harus memikirkannya. Semua harus bisa mendukung Kemenparekraf, minimal dengan menyampaikan hal-hal positif,” ajak Maman.

Menurut Maman, masa Covid-19 bisa membawa perubahan ke hal baik selama melihatnya dari sisi positif. “Saya meyakini setelah pandemi ini Indonesia akan lebih maju di segala sektor,” katanya.

Dia mendorong anak-anak muda untuk mampu menciptakan platform media sosial lokal Indonesia untuk bersaing dengan dunia. Karena, sudah saatnya Indonesia mendorong industri digital dalam negeri untuk mampu bersaing.

“Kita butuh anak muda yang mampu berselancar menghadapi ombak besar, bukan justru ketakutan berada di pinggiran dan hanya nyinyir belaka. Ke depan harus ada pemimpin lahir dari generasi saat ini yaitu milenial dan generasi Z,” ujarnya penuh semangat.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Ilham Safutra



Close Ads