alexametrics

Mampir ke Samarinda, Ini Lima Kuliner yang Tidak Boleh Kelewatan

11 April 2022, 16:27:14 WIB

JawaPos.com – Samarinda dikenal sebagai salah satu lokasi kulineran paling asyik, khususnya di daerah Kalimantan Timur. Selain menyandang predikat sebagai surga seafood dengan harga terjangkau, ada beberapa jenis makanan lain yang layak dijajal oleh kamu yang berdomisili di sana atau sekitarnya.

Food blogger Andre Sarwono dalam keterangan resmi yang diterima menyempatkan diri untuk membagikan kudapan favoritnya di Samarinda yang wajib dicoba. Pemilik akun @makanterusss itu menyebutkan, setidaknya ada lima makanan khas yang ia rekomendasikan:

 

Nasi Kuning

Nasi Kuning di Samarinda merupakan menu nasi yang dimasak dengan kunyit dan santan. Disajikan dengan tambahan lauk-pauk seperti telur bumbu, ayam, ikan, atau daging. Berbeda dengan daerah lain di kota Samarinda menggunakan ikan haruan, telor atau daging sapi yang diberi bumbu merah atau bumbu Bali .

 

Lontong Sayur

Lontong sayur khas Samarinda berisi lontong dengan kuah santan serta lodeh yang diberi tambahan topping ikan haruan atau daging dan bumbu Bali diatasnya. Makanan ini sangat lezat dan cocok bagi anda yang suka makanan bersantan.

 

Soto Banjar

Soto Banjar merupakan makanan soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan. Makanan ini memiliki bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah. Soto ini berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel, kentang rebus, rebusan telur, potongan wortel dan ketupat. Yang terasa nikmat adalah kuah segar dengan full kaldunya.

 

Buah Lai

Buah lai adalah jenis buah-buahan yang masih sekerabat dengan durian. Rasa buah ini tidak teralu manis seperti buah durian, namun memiliki manfaat lebih banyak dari pada buah durian.

 

Kuku Macan

Wisatawan yang mampir ke Samarinda tidak boleh sampai lupa juga untuk mencoba camilan bernama kuku macan. Kuku macan adalah kerupuk yang dibuat dari ikan pipih atau ikan tenggiri dengan rasa yang renyah dan enak juga jadi teman lauk ketika makan.

Editor : Banu Adikara

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads