Sejuta Pesona NTB, Setiap Bulan Siapkan Event Berkelas Dunia

10 Agustus 2022, 17:11:24 WIB

JawaPos.com – Nusa Tenggara Barat (NTB) dikenal sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak potensi wisata. NTB bahkan disebut telah mengalami tiga fase evolusi pariwisata, yakni destinasi liburan dan honeymoon, MICE destination, serta sport tourism destination.

Seperti tak ada habisnya, NTB menyuguhkan alam yang indah sebagai destinasi healing bagi para wisatawan. Misalnya, menyepi di hamparan pasir putih Gili Kedis, sebuah pulau kecil tak berpenghuni. Saking kecilnya, kita bisa berjalan mengelilingi pulau itu dalam waktu hanya 5 menit saja. Pengunjung bisa menyelam menikmati indahnya panorama bawah laut atau sekadar bersantai menikmati deburan ombak.

NTB juga memiliki pulau padat penduduk yang layak menjadi destinasi. Luasnya hanya 8,5 Hektare dan dihuni oleh lebih dari 5.000 penduduk. Pulau Bungin namanya. Secara administratif, pulau ini terletak di Pulau Sumbawa dan dijuluki sebagai pemukiman terpadat di dunia.

Hal itu karena kondisi penduduk yang berdesakan membuat pulau itu sama sekali tidak memiliki garis pantai maupun daratan hijau sebab sepanjang pesisir pulaunya telah dibangun tempat tinggal. Uniknya, semua bangunan rumah di pulau itu tidak menggunakan batu atau tanah sebagai pondasi melainkan menggunakan terumbu karang yang sudah mati.

Salah satu wisata unggulan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

Beralih ke pulau Lombok, banyak pantai terbentang luas di sana. Bahkan, sebagian pantai sudah menjadi objek wisata mainstream karena selalu padat pengunjung. Jika Anda ingin mencicipi pengalaman berbeda, bisa coba berkunjung ke Pantai Orong Bukal.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Saksikan video menarik berikut ini: