alexametrics

Resep Perpaduan Cita Rasa Western dan Asia dari Hamburg Steak

6 Desember 2020, 14:48:35 WIB

Steak daging menjadi makanan yang difavoritkan sebagian orang. Daging yang juicy dipadu dengan bumbu rempah membuat lidah bergoyang membayangkannya.

AGAR tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja, steak bisa dikreasikan. Misalnya, mengganti irisan daging sapi dengan daging sapi giling sebagai bahan utama. Nanti steak berbentuk daging pipih atau patty.

Kali ini, Chef Ken mengolahnya dengan perpaduan cita rasa Asia. Yakni, dengan saus tiram dan minyak wijen sebagai bahan utama saus/dressing. Selain itu, ada salsa yang akan memberikan rasa asam. Keduanya akan menghasilkan steak yang memiliki rasa manis dan asam.

”Tekniknya tetap western, tapi rasa akan lebih fokus pada saus yang lebih cocok di lidah orang Asia,” ujar runner-up II Master Chef Season 2 itu.

Menurut dia, cara pembuatan menu tersebut dibagi menjadi empat tahap. Yakni, pembuatan salsa, steak, dressing, dan mix veggie. Saat membuat steak, tingkat ketebalan perlu diperhatikan agar bumbu bisa meresap sempurna saat dimasak. Daun rosemary juga dimasak bersamaan dengan daging yang dimasak di panci.

”Agar aroma rosemary menyatu dengan daging,” jelas pria asal Surabaya itu. Daging juga bisa diberi sedikit saus dressing saat memasak di panci. Dibolak-balik selama beberapa detik agar bumbu meresap. Tidak perlu terlalu lama agar tidak gosong.

Proses memasak sayur dan kentang juga menggunakan teknik pan seared. Yakni, memasaknya dengan sedikit minyak panas dan api kecil. Perhatikan tingkat kematangan agar tidak gosong. Jika sudah matang, steak bisa disajikan di piring dengan menambahkan dressing dan salsa di atas daging.

BABY POTATO & MIX VEGGIE

2 pcs baby corn, belah 2

1 bh baby carrot, belah 4–6

3 pcs brokoli

3 pcs kembang kol

3 pcs baby potato rebus, belah 2

1 pc bawang bombai

2 pcs bawang putih

1 sdm butter

2 sdm minyak

Garam dan black pepper secukupnya

Cara membuat:

  • Belah baby corn, baby carrot, dan baby potato sesuai dengan instruksi. Panaskan pan, pan seared bombai hingga kecokelatan, angkat dan sisihkan.
  • Masukkan minyak dan pan seared brokoli, cauliflower, baby carrot, dan baby corn hingga matang.
  • Tambahkan butter, garlic, dan baby potato. Tumis hingga merata. Bumbui dengan garam dan black pepper. Angkat dan sajikan.

STEAK

150 gr daging sapi giling

Garam dan merica/black pepper secukupnya

2 sdt saus tiram

Daun rosemary

Cara membuat:

Campurkan daging dengan garam dan black pepper. Aduk rata, lalu padatkan. Bentuk bulat dan pipihkan seperti silinder. Marinasi dengan saus tiram, dinginkan. Setelah agak keras, masak dengan sedikit minyak panas serta api kecil/pan seared daging hingga matang bersama dengan rosemary.

SAUS SALSA

30 gr nanas, potong dadu

1 pc tomat

25 gr bawang bombai, hancurkan dengan potong kecil-kecil

2 sdt daun ketumbar/cilantro

1/2 sdt mint

1 sdm lime juice

1 sdt gula

1/4 sdt garam

Cara membuat:

  • Bahan dipotong halus.
  • Campurkan semua bahan, aduk hingga gula larut.

DRESSING

2 sdt saus tiram

1 sdm minyak wijen

1 sdm saus sambal

Cara membuat:

  • Campurkan semua bahan menjadi satu, aduk rata.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : nas/c12/tia


Close Ads