alexametrics

Es Sup Durian Madiun: Mirip Es Campur, Krim 100 Persen Durian Asli

6 Februari 2020, 14:48:02 WIB

Wisata Kebun Durian Kembang Kuning di Madiun tak hanya menawarkan aneka durian berkualitas. Di sana ada juga kuliner berbahan dasar durian yang cukup dikenal. Namanya, es sup durian.

KEBUN Durian Kembang Kuning adalah salah satu destinasi yang bisa dijajal para penggemar durian saat berkunjung ke Madiun. Ada sejumlah sensasi yang didapat ketika berkunjung ke wahana yang tak terlalu jauh dari pusat kota tersebut. Hanya 30 menit perjalanan.

Hamparan pohon durian di area kebun hingga lereng perbukitan begitu mendominasi wahana wisata di Desa Bolo, Kecamatan Kare, tersebut. Apalagi saat musim durian seperti saat ini. Pengunjung bisa menyaksikan para petani durian bergelayutan menali dan memanen durian.

Di sana beragam jenis durian bisa ditemukan. Mulai durian bolo, soekarno, sampai jenis lokal lain. Ada juga durian dari luar negeri seperti D25 hingga montong. Selain tinggal pilih, para pengunjung bisa merasakan sensasi berbeda makan durian di kawasan perbukitan tersebut.

Namun, para pengunjung tak hanya dimanjakan dengan aneka buah durian. Di sana ada juga kuliner khas berbahan dasar durian. Salah satu yang cukup tersohor adalah es sup durian.

Bagi penggemar durian, menu yang satu itu layak dicoba karena menyajikan perpaduan unik olahan buah kuning dengan berbagai isian yang sanggup memanjakan lidah. Sekilas, es sup durian di wahana wisata tersebut mirip es campur. Namun, yang bikin ngiler adalah krim kental durian yang diguyur di atasnya. ’’Es sup durian selalu menjadi menu favorit saat ada pengunjung ke sini,’’ ujar Koordinator Kebun Durian Kembang Kuning Duwi Saputro.

Menu itu terdiri atas campuran beberapa isian. Mulai nangka, nata de coco, tape ketan, hingga avokad. Semua bahan tersebut ditata di dasar gelas. Kemudian, es serut ditabur di atasnya. Krim durian yang kental dengan bau yang menguar dituang di atasnya. Krim itulah yang menjadi ’’komponen’’ paling penting.

Selain itu, ada potongan buah durian utuh sebagai topping. Tak cukup sampai di situ, es itu juga ’’dimeriahkan’’ dengan serutan keju sebagai pelengkap di akhir penyajian.

Bahan krim durian pada es itu 100 persen durian asli. Bukan cuma itu, durian yang dipilih adalah jenis lokal khas bolo. Alasannya, dari segi aroma dan rasa, durian bolo lebih nampol. Begitu kuat meski sudah dimasak. ’’Daging buah yang sudah dipisahkan dengan bijinya direbus. Lalu, ditambah krimer untuk memunculkan rasa yang sedikit gurih,’’ jelasnya.

Duwi menyebutkan, seporsi es sup durian dijual Rp 20 ribu. Kuliner itu cukup diminati para pengunjung wahana tersebut. ’’Saat musim libur, lebih dari 50 porsi terjual,’’ ungkapnya.

Selain menikmati es sup durian, para pengunjung bisa mencoba sejumlah wahana di Kebun Durian Kembang Kuning. Salah satunya, spot-spot untuk berfoto yang menarik. Ada juga wahana kolam renang. Sangat pas jika mengajak anak-anak.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c14/ris


Close Ads