alexametrics

Wisata Kota Menyusuri Bangunan Bersejarah di Jember

4 Oktober 2021, 07:01:32 WIB

JawaPos.com–Keberadaan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, secara geografis memiliki posisi yang sangat strategis dengan berbagai potensi sumber daya alam yang potensial. Sehingga, banyak menyimpan peristiwa-peristiwa sejarah yang menarik untuk digali dan dikaji.

Di beberapa sudut kawasan Kota Jember terdapat bangunan bersejarah yang tidak semua warga mengetahuinya. Pencetus Angkutan Wisata Jember dari Tamasya Bus Kota (TBK) Hasti Utami yang didukung Dinas Perhubungan Jember menawarkan paket wisata City Tour untuk mengenalkan bangunan bersejarah di kawasan kota.

Menjelajah kawasan Kota Jember untuk mengenal beberapa bangunan bersejarah, menjadi salah satu alternatif wisata edukasi yang bisa dinikmati masyarakat. Itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran Covid-19 selama pandemi.

City Tour dikemas secara asyik selama tiga jam menggunakan angkutan lin klinting kuning atau bus wisata edukasi milik Dinas Perhubungan Jember. Diawali dengan mengunjungi Gereja Katholik Paroki Santo Yusup di Jalan Kartini yang dibangun tahun 1927. Gereja itu merupakan salah satu jejak heritage di Jember.

Guide City Tour yang juga pengelola TBK Hasti Utami mengatakan, rute wisata heritage diawali di Gereja Paroki Santo Yusup, kemudian di Masjid Jami’ Baitul Amin yang lama dan baru, dilanjutkan ke menara air Pasar Tanjung, kompleks toko pecinan di Jalan Sultan Agung, bangunan sejarah awal perkebunan di Jember di Kantor PTPN XII, masjid Roudhlotul Muchlisin, dan berakhir di Kafe Rollas.

Saat berada di gereja, menurut Hasti Utami, wisatawan juga diberi buklet tentang Gereja Paroki Santo Yusup, kemudian salah satu pastor Romo Robertus Andi Priyambada O Charm menjelaskan perihal struktur gereja paroki dan beberapa ornamen di dalam gereja tersebut. Sehingga, wisatawan mengetahui secara detail tentang gereja Katholik tersebut.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads