alexametrics

Cake Praktis Bermodal Tepung Premiks, Tinggal Tambah Butter dan Susu

3 Oktober 2021, 15:48:04 WIB

Tepung premiks membuat siapa saja jago masak. Termasuk baking. Tepung tersebut diformulasikan dengan bahan tambahan yang takarannya sesuai kebutuhan memasak. Tinggal tambahkan likuid, lalu aduk, adonan pun siap diolah sesuai dengan resep!

BUAT pemula, baking sering kali menjadi momok. Takaran harus tepat. Tahap pembuatannya –mulai pemilihan bahan hingga teknik mengaduk– cukup kompleks. Namun, menurut Sakti Febrian Nugroho, pemula bisa memanfaatkan tepung premiks. Tepung itu dibuat dengan tambahan susu, gula, bahan pengembang, hingga pengganti telur. Hasil memasak pun lebih konsisten karena takarannya pas. Kini cake bisa dibuat dengan modal tepung premiks.

”Karena semua bahan kering sudah komplet, tinggal tambahkan butter, margarin, dan susu cair,” ujar chef Premiks Blend’O tersebut. Sakti menilai, kandungan lemak dari tiga bahan tambahan itu bakal membuat tekstur cake lembut. Agar lebih mudah dipraktikkan, dia membuat resep soft cake yang dikukus.

Pembuatannya relatif mudah. Sakti menilai, kunci keberhasilan cake ada di tahap pencampuran adonan. Adonan cukup diaduk perlahan dengan whisk. Tidak perlu menggunakan mixer. Jika pengocokan dilakukan dengan kecepatan tinggi, adonan justru bisa gagal mengembang.

Selain itu, pengukusan amat berpengaruh. Sakti menilai, pengukusan bisa dilakukan di pan berisi air maupun kukusan. Berdasar percobaannya, dua cara tersebut mampu menghasilkan soft cake yang matang merata. ”Yang perlu dicatat, waktu mengukus. Rata-rata, pengukusan sekitar 25 menit dengan api sedang,” paparnya.

Namun, lama mengukus juga dipengaruhi kedalaman pan. ”Kalau dicek dengan tusuk gigi masih ada adonan yang lengket, tambah lagi dua menit, lalu cek ulang,” tuturnya.

Pria yang mulai belajar memasak secara otodidak itu menjelaskan, soft cake dapat dicetak dengan loyang cake. Cukup sesuaikan waktu memasak. Soft cake juga bisa diisi dan dihias sesuai dengan selera. ”Karena simpel, ia bisa dibuat dadakan dan di dapur yang minimalis sekalipun,” ujarnya.

RESEP SOFT CAKE KUKUS

Untuk 3 buah

Bahan:

Tepung premiks serbaguna vanila 80 g

Margarin 1 sdm

Butter oil substitute ½ sdm

Susu 100 ml

Stroberi dan mint untuk garnish

CARA MEMBUAT SOFT CAKE:

1. Masukkan semua bahan ke wadah. Kocok perlahan dengan whisk hingga rata, lalu sisihkan. Oleskan margarin di cetakan.

2. Masukkan adonan yang sudah tercampur rata ke cetakan.

3. Kukus selama sekitar 25 menit dengan api sedang.

4. Matikan api. Biarkan suhu cake turun.

5. Cukil perlahan tepian cake dengan pisau, lalu keluarkan cake dari cetakan. Hias dengan whipped cream dan saus.

TIPS MEMBUAT SOFT CAKE:

– Butter oil substitute (BOS) merupakan pengganti butter berbahan nabati yang memiliki aroma cenderung netral. Berbeda dengan butter yang berasal dari lemak hewani dan beraroma susu kuat.

– BOS atau margarin bisa diganti dengan minyak goreng. Takarannya, 3 banding 10 dengan susu/air. Dalam resep ini, misalnya, minyak yang digunakan sebanyak 30 mililiter.

– Untuk menghindari dasar cake yang basah, bagian tutup kukusan bisa ditutup dengan serbet. Atau, saat mengangkatnya, miringkan tutup agar air tidak menetes ke adonan.

– Agar hasil cake mulus saat dikeluarkan, pastikan suhu cake turun. Jika dikeluarkan pada suhu panas, cake bakal ”patah” di tengah.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : fam/c14/tia

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads