alexametrics

Makanan Yunani dan Indonesia Punya Banyak Kemiripan

2 November 2021, 12:28:12 WIB

JawaPos.comLife is greater when you eat Greek cuisine. Sayang, kisah dewa-dewi Yunani lebih banyak diketahui daripada kelezatan makanannya. Hal itu diakui Alexios Filippidis, owner salah satu restoran Yunani asal Ubud, Bali.

”Banyak yang datang ke restoran saya dan bilang, aku mau coba makanan dewa-dewi Yunani. Mungkin karena Yunani lebih terkenal soal cerita dewa-dewi seperti Hera, Zeus, atau Poseidon,” tutur Alexios ketika ditemui di Hotel Harris Gubeng, Surabaya, Selasa (2/11).

Menurut Alexios, masyarakat Indonesia tidak menyadari selama ini makanan yang sering dikonsumsi, merupakan makanan khas Yunani. Salah satunya, roti pita. Sajian yang diketahui merupakan khas Timur Tengah itu sebenarnya juga merupakan makanan tradisional asal Yunani.

”Di Yunani, kita memiliki sajian bernama mezze platter. Hidangan ini terdiri atas pita bread dengan ragam makanan pembuka khas Yunani seperti hummus, tzatsiki, falafel, feta cheese, kalamata black olives, red capsicum vinegar, spicy feta, dan halloumi bites,” beber Alexios.

Ada juga souvlaki yang mirip sate. Bedanya, bila masyarakat Indonesia mengenal sate dengan daging ayam atau kambing, souvlaki menggunakan daging domba.

”Kami biasa menyajikan chicken & lamb souvlakiSouvlaki adalah sate dalam bahasa Yunani. Menu ini merupakan hidangan daging ayam dan domba berbumbu yang dipanggang dengan sempurna,” jelas Alexios.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika




Close Ads