alexametrics

Durian Lanang di Likin Durian Garden Banyuwangi Paling Diburu Pria

DEDY JUMHARDIYANTO, SYAIFUDDIN MAHMUD
2 April 2020, 13:48:37 WIB

Para penggiat durian asal Banyuwangi mempunyai kreativitas untuk memasarkan buah hasil budi daya mereka. Misalnya, dilakoni Solikin. Dia sukses menghasilkan sejumlah varietas unik di kebun duriannya.

Sudah 28 tahun Solikin menggeluti dunia durian. Berbagai usaha dilakoni bapak dua anak itu untuk bisa menghasilkan raja buah dengan kualitas yang bagus. Bahkan, dia berkeliling ke seluruh daerah di Indonesia untuk meneliti aneka ragam durian. ”Hanya Papua yang belum saya kunjungi,” kata pria yang akrab disapa Likin tersebut.

Solikin juga begitu getol membudidayakan aneka varietas durian di kebun miliknya. Hasilnya kini terlihat. Kebun durian di Dusun Pakis, Kecamatan Songgon, milik Likin, kini menjadi salah satu destinasi para penggemar durian untuk berburu sekaligus berwisata.

Kebun itu diberi nama Likin Durian Garden. Bahkan, seiring makin ramainya para wisatawan yang berkunjung di sana, para pemilik kebun durian di sekitar Likin Durian Garden ikut membuka usaha pendukung.

Mereka menyediakan pondok-pondok kecil dengan suasana alami. ”Para penikmat durian bisa menikmati durian di bawah pohon. Ada gubuk-gubuk kecil yang kami tata,’’ ujar Likin.

Cukup banyak varietas yang menjadi unggulan di kebun durian milik Likin. Beberapa di antaranya jarang ditemui di tempat lain. Salah satunya adalah durian lanang.

Sebagaimana namanya, durian tersebut cocok bagi kaum adam. Penggemarnya berasal dari berbagai lapisan masyarakat. ”Kami beri nama durian lanang karena memiliki khasiat untuk kaum laki-laki,’’ ujar Likin, lantas tersenyum.

Varietas lain yang menjadi andalan di kebun milik Likin adalah durian kerikil. Nama itu disematkan karena buahnya yang kecil. Namun, rasanya bikin ketagihan.

Hanya ada beberapa pohon durian kerikil yang tumbuh di Likin Garden. ”Karena jumlahnya yang terbatas, pengunjung harus pesan sebelum ke sini. Jadi, kami siapkan durian kerikilnya,’’ kata bapak dua anak itu.

Varietas andalan lainnya adalah durian pelangi. Nama tersebut tak terlepas dari daging buahnya yang warna-warni. Di dalam satu butir durian, ada yang kuning, merah, putih, dan oranye. ”Kami menyebut durian pelangi Songgon. Satu pongge warnanya berbeda,’’ tukasnya.

Kebun durian milik Likin juga memiliki varietas lokal yang begitu digemari para penggemar mancanegara. Namanya durian oranye lokal. ”Pengunjung dari Jepang, Thailand, Taiwan, Singapura, Malaysia, hingga Eropa pernah datang ke tempat ini,’’ kata Likin

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : c12/ris



Close Ads