alexametrics
Rujak Cingur Langganan Presiden (15)

Rujak Cingur Bu Bokin Jombang Jadi Hidangan Pernikahan Saudara Gus Dur

28 Maret 2022, 06:25:04 WIB

Praktisi kuliner (alm) Bondan Winarno dalam 100 Maknyus Makanan Tradisional Indonesia menulis rujak cingur sebagai kuliner yang seram bagi kebanyakan orang. Alasannya, kuliner Jawa Timur itu menyertakan cingur (mulut) sapi sebagai salah satu isian menu plus saus hitam pekatnya. Toh, demikian (alm) Presiden Abdurrahman Wahid dan Joko Widodo (Jokowi) cocok-cocok saja.

AZAMI RAMADHAN, Jombang

WARUNG sederhana di Jalan Wisnu Wardhana itu belum buka. Jawa Pos memang datang lebih awal sekitar 30 menit sebelum jam buka Rujak Cingur Bu Bokin pada pukul 10.00 WIB. Harapannya, Jawa Pos menjadi pelanggan pertama untuk mencicipi rujak legendaris itu. Apalagi, dari informasi getok tular di Jombang, mereka yang datang mepet dengan waktu jam makan harus dawa ususe karena menghadapi antrean mengular.

Ancar-ancar lokasi menuju Rujak Cingur Bu Bokin cukup mudah. Dari pusat Kota Jombang, cukup mencari arah menuju Mapolsek Jombang Kota. Warung makan yang sudah menjual rujak cingur sejak 1981 itu berada di sebelah mapolsek.

”Monggo pinarak,” sapa Masbuchin saat membuka warung Rujak Cingur Bu Bokin. Pria 76 tahun itu merupakan suami Alfiah atau Bu Bokin. Begitu warung dibuka, aroma kacang goreng sebagai bumbu dasar adonan tercium kuat. Pun demikian adonan petis yang jadi kunci kenikmatan rujak cingur.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : */c9/dra

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads