alexametrics
Es Krim Favorit Presiden Habibie (11)

B.J. Habibie Sudah Mencoba Semua Rasa di Daftar Menu Ragusa Es Italia

24 Maret 2022, 06:56:23 WIB

Jika Surabaya punya Zangrandi, Jakarta punya Ragusa. Es krim bercita rasa khas Italia yang diolah dengan metode konvensional itu mampu bertahan selama sembilan dekade. Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie selalu punya waktu untuk menikmati kudapan manis nan dingin tersebut.

MOH. HILMI SETIAWAN, Jakarta

“PAK Habibie, ketika liburan dan pulang ke Indonesia, mampir ke sini,” kata Hj Sias Mawarni saat Jawa Pos menemuinya pada Selasa (15/3) pekan lalu. Pemilik Ragusa Es Italia itu menyatakan bahwa presiden ke-3 RI tersebut sudah berlangganan saat masih menempuh pendidikan teknologi di Jerman. Tepatnya di Rheinisch-Westfalische Technische Hochschule (RWTH) Aachen University.

Menurut Sias, Habibie menyukai Ragusa karena rasanya. Enak dan khas es krim yang dijual di Eropa. Selain itu, harganya terjangkau. Dia mengungkapkan bahwa Habibie pernah mencicipi semua es krim yang ada di menu. Namun, kegemaran Habibie adalah cassata siciliana dan tutti-frutti.

Perempuan asli Jakarta itu mengelola Ragusa Es Italia bersama sang suami, Buntoro Kurniawan, sejak 1972. Sebab, Ragusa Bersaudara yang memelopori usaha tersebut kembali ke Italia. Mereka menghibahkan Ragusa Es Italia kepada Buntoro dan Sias. Ketika itu Buntoro masih tercatat sebagai pegawai Ragusa. Dia lantas melanjutkan bisnis es krim tersebut bersama Sias sampai sekarang.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : */c14/hep

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads