alexametrics

B.J. Habibie Ngemil Es Krim sembari Bekerja

24 Maret 2022, 07:14:01 WIB

TIDAK banyak yang tahu, Bacharuddin Jusuf Habibie atau B.J. Habibie had a sweet tooth. Presiden ketiga RI itu menggemari makanan manis. Di antara banyak makanan manis yang suka dia konsumsi, favoritnya adalah es krim. Ya, siapa yang tidak suka es krim, kan?

Adrie Subono, keponakan almarhum Habibie, bercerita, ketika sang paman menjabat presiden pun, kegemaran makan es krim tidak berkurang. Habibie kerap membeli es krim untuk dimakan di istana. “Tebak. Es krim paling dekat sama istana apa? Ragusa. Hahaha. Itu favorit Bapak tuh,” ujarnya saat berbincang dengan Jawa Pos di rumahnya pada Kamis (10/3).

Biasanya, kata Adrie, Habibie minta dipesankan es krim untuk kemudian disantap sembari bekerja. Ternyata ada dua menu es krim Ragusa yang paling sering dipesan bapak teknologi Indonesia tersebut. Yakni, cassata siciliana dan tutti-frutti.

Dua menu itu sejatinya memiliki basic rasa yang sama. Perpaduan es krim vanila, cokelat, dan stroberi. Bedanya, ada tambahan nugat dan chiffon cake pada cassata siciliana. Pelengkap tutti-frutti adalah buah-buahan kering. Karena itulah, rasa cassata siciliana cenderung gurih dan tutti-frutti condong ke rasa asam meski sama-sama mengandung rasa manis yang ramai karena campuran vanila, cokelat, dan stroberi.

Ragusa Es Italia memang cukup punya nama di kalangan para penggemar es krim. Termasuk Habibie. Es krim lembut yang mewarnai hari-hari kalangan pencinta makanan manis sejak 1932 itu tetap digemari sampai sekarang. Manisnya pas, tidak giung.

“Bapak memang suka makan es krim. Macem-macem (rasanya, Red),” ungkap promotor musik kondang tersebut.

Habibie, menurut Adrie, memang gemar makan. Dia doyan masakan jenis apa pun. Meski lama tinggal di luar negeri, Habibie tak lantas melupakan masakan Indonesia. Untuk savory food, Bakmi GM dan sate kambing menjadi kesukaan Mr Crack, julukan Habibie.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : mia/c14/hep

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads