alexametrics

Roy Suryo: Jenang Gesti Enak, Murah, dan Jadi Ikon Pasar Lempuyangan

19 Maret 2022, 07:18:46 WIB

PAKAR telematika sekaligus mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menghabiskan masa kecilnya di Pakualaman, Jogjakarta. Tempat tinggalnya itu hanya berjarak 900 meter dari Pasar Lempuyangan. Roy pun sering blusukan ke pasar itu. Tujuannya, membeli Jenang Gesti Lempuyangan.

Karena sering datang, dia kenal baik dengan Gesti, generasi kedua pemilik warung itu. “Kalau ketemu Mbak Gesti, mbok yo disampaikan salamku, Mas,” katanya kepada Jawa Pos.

Sedari kecil, Roy sudah tahu kalau Jenang Gesti adalah kuliner kesukaan Presiden Kedua RI Soeharto.

Pak Harto –sebutan Presiden Soeharto– sering memesan secara khusus. “Tapi, dari kecil saya tidak pernah ketemu beliau (Pak Harto, Red) saat membeli langsung,” kata Roy. Dia juga tahu kalau bukan hanya presiden yang jadi penggemar Jenang Gesti, melainkan juga kalangan Keraton Jogja dan Kadipaten Pakualaman. “Sering ada abdi dalem yang pesan dan dibawa ke keraton,” jelas pria 53 tahun itu.

BERVARIASI: Jenang Gesti menyediakan berbagai jenang. Dari kiri, sumsum cokelat, mutiara, dan sumsum putih. (AHMAD KHUSAINI/JAWA POS)

Menurut Roy, kesukaannya terhadap Jenang Gesti bukan sekadar karena nama-nama pelanggan yang masuk kategori penggede itu. “Bagi saya, rasanya memang unik dan khas,” ungkap politikus Partai Demokrat tersebut.

Roy masih ingat komponen apa saja yang sering dilahapnya saat berada di Warung Jenang Gesti. “Jenang candil, sumsum putih, sumsum cokelat, dan mutiara atau monte,” ungkap Roy. “Rasanya enak, tapi harganya relatif ekonomis,” tambah Roy.

Saat ini saja harga satu porsi Jenang Gesti hanya Rp 5 ribu. Sejak Roy kecil, Jenang Gesti memang sudah jadi legenda. Bahkan, dia tidak menampik kalau Jenang Gesti membuat nama Pasar Lempuyangan kian kondang. “Jenang Gesti itu layak disebut sebagai salah satu ikon Pasar Lempuyangan,” jelas Roy.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : gus/c12/dra

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads