alexametrics

Warung Nasi Pecel Yu Gembrot Jadi Wakil Madiun di GP Indonesia

16 April 2022, 06:48:03 WIB

SEBAGAI salah satu kuliner legendaris di Kota Madiun, popularitas pecel Yu Gembrot tak terbantahkan. Lihat saja, pecel Yu Gembrot menjadi satu-satunya pecel yang ikut meramaikan event internasional, yakni MotoGP pada GP Indonesia di Sirkuit Mandalika bulan lalu. ”Ini (sekaligus) membanggakan Kota Madiun di mata nasional maupun internasional,” kata Wali Kota Madiun Maidi.

Dalam kesempatan tersebut, Maidi sempat mendampingi sekaligus ikut membantu berjualan dan mempromosikan pecel Yu Gembrot. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pecel Kota Madiun dan Warung Nasi Pecel Yu Gembrot.

Pada saat di Mandalika, Maidi juga ikut mencicipi nasi pecel Yu Gembrot. Rasa daging dan lidah sebagai pendamping pecel tersebut begitu nikmat. ”Saat di Mandalika itu, kuliner Nusantara yang ikut dalam pameran event MotoGP hanya Kota Madiun. Sisanya, kebanyakan khas Mandalika,” ungkap Maidi.

Hampir di setiap event nasional, pecel asal Kota Madiun pasti diundang ikut pameran. Kesempatan itu dimanfaatkan sebagai wadah memperkenalkan pecel Kota Madiun. Khususnya sambal pecel yang beraneka ragam rasanya. Ada yang pedas, ada yang sedikit manis.

Sebelum pandemi Covid-19, di berbagai event level internasional, Kota Madiun pasti mengirimkan dutanya. Misalnya event di Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, hingga Belanda.

Untuk mempertahankan popularitas pecel Kota Madiun, berbagai event pun digelar. Salah satunya festival makan pecel setiap tahunnya. Kegiatan festival makan pecel tersebut menjadi salah satu cara yang dilakukan Pemkot Madiun untuk melestarikan makanan tradisional.

”Jangan sampai generasi muda lupa atau tidak suka dengan makanan pecel. Itu tantangan dan promosi bahwa pecel Madiun tidak akan ditinggalkan,” tutur Maidi.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ayu/c9/dra

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads