alexametrics
Pojok Langganan Bung Karno (2)

Sate Kambing RM Madura Madrawi Favorit Delegasi Konferensi Asia-Afrika

15 Maret 2022, 06:29:25 WIB

Madrawi adalah penerjemah Soekarno ketika awal kuliah di Bandung. Sekali sepekan, Bung Besar datang ke warung Madrawi untuk berbincang, duduk di kursi pojok, sembari menikmati soto Madura dan es teh kegemarannya.

SAHRUL YUNIZAR, Bandung

JALAN Dalem Kaum berada di jantung Kota Bandung. Lokasinya tidak jauh dari kantor wali kota. Jalan itu menjadi salah satu akses menuju Masjid Raya Bandung. Di jalan raya itu, pada salah satu sudutnya, pernah berdiri RM Madura Madrawi. Sesuai namanya, pemilik rumah makan tersebut adalah Madrawi. Dia pendatang dari Madura, Jawa Timur.

Madrawi adalah kawan lama Soekarno. Mereka sudah saling kenal sejak tokoh yang kemudian menjadi presiden pertama RI itu tinggal di Surabaya. Dari Madura, Madrawi merantau ke Jawa Barat. Tepatnya ke Bandung. ”Kakek saya ke Bandung untuk mencari ayahnya,” kata Abdul Fatah Fadli saat dijumpai Jawa Pos pada Desember lalu.

Setelah menemukan sang ayah, Madrawi kemudian ikut menetap di Bandung. Dia mengikuti jejak ayahnya berwirausaha, yakni dengan mendirikan warung nasi di bilangan Kebon Kawung. Menunya, tentu, masakan Madura karena memang mereka berasal dari Pulau Garam tersebut. Madrawi pun kemudian menikah, punya anak sampai punya cucu di Kota Kembang.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : */c9/hep

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads