alexametrics

Sensasi Menyesap Bumbu di Antara Tulang-Tulang Tipis

13 April 2022, 06:48:51 WIB

ADA berbagai hidangan dengan bahan utama kepala ikan. Tentang sajian ini, setiap daerah di Indonesia punya kekhasan tersendiri. Yang mendominasi olahan kepala ikan biasanya adalah masyarakat Sumatera Barat dan Sulawesi Utara.

Karena mengandung banyak lemak, kepala ikan dimasak dengan bumbu yang kaya rempah. Yang paling populer adalah kuah kuning atau bumbu kuning. Misalnya, pada masakan Padang dan Aceh.

Dwi Kristiastuti, dosen Tata Boga Program Vokasi Universitas Negeri Surabaya (Unesa), menjelaskan bahwa masyarakat pesisir cenderung memasak kepala ikan dengan bumbu rempah kuning yang tidak terlalu pedas. ”Karena yang berwarna merah dengan penggunaan cabai merupakan khas masyarakat yang tinggal di daerah dingin atau pegunungan,” ungkapnya kepada Jawa Pos kemarin (12/4).

Dwi mengungkapkan, hidangan kepala ikan disukai karena ada banyak kelebihan. Misalnya, selaput daging dan lemak di antara tulang-tulang tipis. Jika dipadukan dengan bumbu kaya rempah, kepala ikan menjadi sajian yang asyik. Ada sensasi tersendiri saat menjelajahi bagian kepala sembari menyesapi bumbunya. ”Kepala ikan ini memiliki cita rasa tersendiri. Terutama pada bagian mata, mulut, serta otaknya,” jelas Dwi.

Di Manado, menurut dia, bagian kepala berikut rahang ikan juga menjadi favorit. Bagian itu biasanya dibakar dan disajikan bersama sambal dabu-dabu. Atau, bisa juga dimasak dengan bumbu woku.

Sambal yang mendampingi hidangan kepala ikan biasanya tidak terlalu pedas. Justru kesan asamnya yang lebih kuat. Misalnya, yang ditemukan pada sambal ganja, teman gulai kepala ikan kakap khas RM Medan Baru di Jakarta.

Untuk bisa menyajikan olahan kepala ikan yang maksimal, perlu diperhatikan bahwa ikan yang dipilih harus yang segar. Itu bisa dilihat dari bagian mata dan banyak sedikitnya lendir pada tubuh ikan.

”Sebelum dimasak, kepala ikan juga sebaiknya dilumuri air jeruk nipis, air asam, atau larutan cuka,” tuturnya. Setelah dicuci bersih, kepala ikan perlu di-blanching dulu dalam air panas. Setelah itu, barulah kepala ikan dimasak dengan bumbu yang sudah disiapkan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : deb/c14/hep

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads