alexametrics

Idealisme untuk Jaga Yang Otentik

11 April 2022, 08:33:06 WIB

OTENTIKASI rasa membuat masakan legendaris bertahan meskipun era berganti. Tak sekadar menjaga resep turun-temurun, namun diperlukan idealisme di sana. Idealisme dibutuhkan untuk mempertahankan segala proses yang konservatif dan rumit tanpa tergoda segala kemudahan yang ditawarkan zaman modern.

Menurut Lidia Tanod, food curator Indonesia, setiap daerah punya kuliner yang kaya rempah. Coto Ranggong, misalnya. Hidangan itu banyak dipengaruhi peran Makassar sebagai wilayah yang menjadi jalur ramai perdagangan rempah.

Komposisi masakan yang demikian tidak serta-merta bisa bertahan hingga lintas generasi. Menurut Lidia, pemilik harus konsisten mempertahankan resep dan teknik memasak yang diwariskan nenek moyang. ”Idealisme inilah yang penting dalam mempertahankan masakan,” ujar penulis buku 100 Mak Nyus itu kepada Jawa Pos.

Tentu, idealisme itu bukan sekadar menjaga resep dan komposisi bahan. Cara memasak dan peralatan yang digunakan juga harus diperhatikan. ”Nah, gimana caranya agar profil makanan tetap sama. Makanan itu bukan cuma soal rasa, tetapi juga aroma, tekstur, dan lainnya. Yang seperti itu tidak tergantikan,” ungkapnya.

Di situlah, menurut Lidia, perlunya membukukan resep dan seluk-beluk memasak hidangan khas. Narasi akan menjaga memori-memori masa lampau tersimpan secara permanen. ”Seperti yang saya lakukan dengan Pak Bondan dulu saat menuliskan resep masakan Indonesia. Jangan sampai resep itu hilang,” ucap perempuan yang juga moderator Komunitas Jalan Sutra (KJS) tersebut.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : gal/c18/hep

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads