alexametrics
Warung Langganan SBY (29)

Coto Ranggong Makassar Disukai SBY Karena Pertahankan Cita Rasa Asli

11 April 2022, 08:27:02 WIB

Konsep open kitchen yang diterapkan Pieter Tanzil pada kedainya menjadi godaan tersendiri bagi mereka yang melintasi Jalan Ranggong, Makassar. Aroma coto menggelitik hidung. Otomatis, otak mencetak visual semangkuk potongan daging gurih dalam kuah nan lezat. Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun tak kuasa mengelak.

GALIH ADI PRASETYO, Makassar

ISIANNYA sama saja dengan coto Makassar yang lain. Daging, otak, lidah, limpa, paru, dan hati. Bisa pilih salah satu atau dicampur. Namun, soal kuah, bisa dibilang Coto Ranggong unggul. Itulah yang membuat para pelancong penasaran. Begitu menginjakkan kaki di Tanah Anging Mamiri, kuliner yang kali pertama dicari adalah coto. Dan Coto Ranggong memuncaki daftar coto-coto terlezat di Makassar.

Kedai yang dibangun Pieter itu sederhana saja. Dapurnya ada di luar. Karena itulah, angin bisa dengan leluasa membawa asap coto dari dalam korong butta atau uring butta ke segala arah. Aromanya kemudian akan menuntun orang-orang ke Coto Ranggong yang kini dikelola Antonius, cucu Pieter.

”Usaha ini dimulai kakek saya waktu masih muda, saat usianya sekitar 35 tahun,” kata lelaki muda yang biasa disapa Anton itu ketika dijumpai Jawa Pos pada 26 Desember lalu.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : */c9/hep

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads