alexametrics

Menu Pelengkap Menjadi Ciri Khas Tiap Daerah

9 April 2022, 06:53:16 WIB

SEMUA ikan di kawasan Sulawesi Selatan seolah-olah bermuara di Makassar. Bukan hanya ragam ikan laut perairan dangkal maupun dalam, tapi juga ikan air payau. Bahkan, bandeng dari Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan bisa dibilang sebagai jawaranya bandeng grade A.

Agar bisa menghasilkan olahan ikan dengan cita rasa sempurna, sebaiknya kenali dulu karakteristik dan tekstur dagingnya. Dengan demikian, juru masak bisa menerapkan metode terbaik untuk mengolah ikan tersebut.

Menurut Barto Arya Dahana, food and beverage consultant asal Surabaya, mengenali ikan adalah langkah penting sebelum mengolahnya menjadi sajian.

’’Sebenarnya, selama ikannya fresh, rasa dagingnya pasti bakal manis. Tapi, teknik dan cara memasak sangat berpengaruh. Contoh, baronang terbaik ya dibakar, kerapu bisa dibakar atau steam,’’ paparnya kepada Jawa Pos Rabu (6/4).

Menurut dia, ada dua tipe ikan. Yakni, ikan karang dan perairan dangkal. Teknik memasak untuk menghasilkan rasa terbaiknya tentu tidak sama.

Beberapa komponen asli ikan justru harus dipertahankan agar rasa khas seafood tidak hilang. Langkah RM Paotere mempertahankan tinta hitam pada cumi bakarnya sudah tepat. ’’Kalau masak cumi, jangan buang tinta dan kulitnya. Ini yang bikin enak,’’ ungkap pendiri kelompok peduli UMKM, Barto and Friends, tersebut.

Selain teknik memasak, pemilihan kondimen juga menjadi kunci maksimal atau tidaknya hidangan. Barto mengatakan, setiap daerah punya keunikan masing-masing terkait makanan pendamping boga bahari. Racikannya pun bervariasi. Bahan yang ada di sekitar daerah itu plus kultur wilayahnya menjadi bagian dari kekhasan kondimen.

“Itu autentisitas daerah. Selain sebagai pengusir aroma atau fragrance yang mengganggu, beberapa kondimen memiliki manfaat lebih. Misalnya, membantu menurunkan kadar asam urat dan kolesterol. Seperti nanas, mangga, dan jeruk itu,” pungkasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : gal/c18/hep

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads