alexametrics

Wali Kota Maidi Siapkan PeceLand di Madiun

8 April 2022, 06:38:16 WIB

PECEL adalah identitas Kota Madiun. Masyarakat kota itu menjadikan makan nasi pecel sebagai budaya. Sarapan, makan siang, dan makan malam pun pakai pecel. Itu bahkan juga dilakukan Wali Kota Madiun Maidi.

“Saya memang setiap hari pasti makan pecel,” kata Maidi saat dihubungi Jawa Pos pada pertengahan Maret.

Bersama sang istri, Yuni Setyowati, dia suka berpindah-pindah warung untuk mencoba pecel. Pasangan penggemar pecel itu merasa cocok dengan racikan sambal kacang di Depot Nasi Pecel 99. Sambalnya enak dan kekhasan Madiun begitu terasa di sana.

“Sebenarnya saya sudah mencoba hampir semua pecel di Madiun. Tapi, Pecel 99 memang melekat,” ujarnya.

Sebagai wali kota, Maidi sadar bahwa pecel adalah identitas Madiun yang sangat mudah dijumpai di wilayahnya. Karena itu, dia berusaha memperkuat identitas tersebut. Dia punya cita-cita membawa pecel ke level internasional. Dengan demikian, bukan hanya masyarakat Indonesia yang mengidentikkan pecel dengan Madiun, melainkan juga dunia.

Sedari dulu, pecel selalu menjadi sajian utama dalam jamuan penyambutan tamu-tamu penting. Mulai pejabat penting negara hingga tamu asing. Tidak terkecuali, presiden. “Saya sering menyelipkan promosi kuliner pecel agar semakin dikenal. Termasuk kepada tamu mancanegara,” imbuhnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ayu/c7/hep

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads