alexametrics

Warung Sate Ayam H Tukri Sobikun Pembuatannya Jelimet dan Sukar Ditiru

7 April 2022, 11:22:36 WIB

HINGGA kini, Sate Ayam Ponorogo H Tukri Sobikun hanya memiliki satu cabang. Tepatnya di Madiun. Itu pun belum lama berdiri. Artinya, selain di Madiun, produksi dan penjualan difokuskan di warung utama yang terletak di Gang Sate, Ponorogo.

”Minimnya cabang disebabkan proses produksi sate yang jelimet. Dan, ini menimbulkan kerumitan bagi yang ingin menirunya,” kata chef Christfian Nehemia.

”Dalam pembuatannya, ada proses saat daging dibungkus dan diolesi rempah-rempah yang khas. Ini yang membedakannya dengan sate lain,” lanjutnya.

Christfian menyatakan, pemberian rempah-rempah tersebut merupakan sesuatu hal menarik dalam dunia memasak. Langkah itu tidak sekadar merasukkan bumbu hingga ke dalam daging, tetapi juga bertujuan menghilangkan bau amis pada daging.

Meski pembuatannya jelimet, lanjut Christfian, sate Tukri ini bercita rasa Jatim banget. Ada sensasi pedas tipis yang dihasilkan rempah sehingga badan terasa hangat. Kalaupun ada manis dan asin, keduanya tidak berlebihan.

Christfian menjelaskan, sebelum dibakar, sate sebenarnya direndam dengan air kecap yang dicampur bumbu. Proses itu menghasilkan rasa manis yang pas. ”Sate lain biasanya cukup diolesi kecap,” ujar Christfian. (hen/c14/dra)

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads