alexametrics

Kupat Tahu Pojok Magelang Paling Cocok untuk Self-reward

6 April 2022, 09:01:56 WIB

FOTO Roy Suryo menghuni salah satu sudut dinding Tahu Pojok Magelang. Rupanya, dia termasuk salah seorang pelanggan tetap. Tidak terhitung lagi berapa kali sosok 53 tahun itu mampir ke warung yang eksis sejak 1942 tersebut.

”Sering kok kalau di Jawa Tengah atau Jogjakarta, saya dan Bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono, Red) kulineran. Salah satu favorit Pak SBY dan Ibu Ani ya Tahu Pojok Magelang ini,” kata Roy melalui sambungan telepon dengan Jawa Pos pada Senin (4/4).

Namun, menurut pria kelahiran Jogjakarta itu, dirinya dan SBY tidak asal datang saja ke warung di dekat Alun-Alun Kota Magelang tersebut. Ada jam khusus yang dia klaim sebagai jam paling pas. Bukan saat makan siang atau makan malam, melainkan sore hari.

”Biasanya, pukul 16.00 atau 17.00 begitu. Kenapa? Karena saya rasa Tahu Pojok Magelang itu nikmat dimakan pada jam antara (jam makan siang dan jam makan malam) itu,” ungkap Roy. Lebih cocok lagi, menurut dia, jika Tahu Pojok Magelang disantap selepas menyelesaikan banyak kerjaan. Laiknya self-reward. ”Akan sangat cocok,” ujar Roy.

Dia menuturkan, olahan kupat tahu ala Tahu Pojok Magelang menambah nafsu makan. Roy ingat betul rasa sajian yang kini dikelola generasi kedua tersebut. ”Istimewanya, Tahu Pojok Magelang itu ya rasa gurihnya pas. Kalau kata orang Jawa, sedhep,” tegas mantan menteri pemuda dan olahraga tersebut.

Roy merasa sangat cocok dengan resep kupat tahu yang kini diteruskan Sri Kuntariati itu. Bumbunya tidak berlebihan. Bumbu kacangnya membuat Roy ketagihan. Dia bahkan menganggap bumbu kacang Tahu Pojok Magelang sebagai yang terbaik. ”Ada dua jenis bumbu kacang. Ada yang halus, ada pula yang kacangnya digiling kasar. Nah, warung ini termasuk yang halus sehingga bumbu kacangnya maknyus ketika dilumat,” paparnya.

Sampai sekarang pun, Roy sering menyempatkan diri untuk mampir ke Tahu Pojok Magelang pada waktu luangnya. Jika berkunjung ke Magelang, warung berkelir hijau tidak pernah luput dari daftar singgahnya. Rasanya, menurut dia, masih sama. Tidak berubah dan tetap sedhep!

Editor : Ilham Safutra

Reporter : gus/c14/hep

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads