alexametrics
Warung Langganan Presiden (60)

RM AfishA jadi Kuliner Favorit di Manado setelah Dikunjungi Jokowi

Urusan Sambal, Nasir-Hernandes Turun Tangan
3 Mei 2022, 13:39:38 WIB

Lawatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Sulawesi Utara (Sulut) pada 2017 mengubah pamor Rumah Makan (RM) AfishA di Kota Manado. Berdiri sejak 2011 dengan mengusung konsep warung ikan bakar, AfishA dipilih sebagai tempat santap siang sang presiden. Rahang tuna dan ikan tindarung alias marlin menjadi andalan.

REVLIANDO ABDILLAH, Manado

JawaPos.com – Nasir Yusuf dan istrinya, Hernandes Musa, sibuk sejak pagi. Hari itu, kabarnya, Jokowi akan singgah di AfishA. Pada 2017 itu, rumah makan milik pasangan suami istri tersebut belum sepopuler sekarang. Belum menjadi ikon Kota Tinutuan yang eksotis.

’’Pada 15 November 2017,’’ kata Nasir tentang hari kunjungan Jokowi tersebut. Bahkan, jam kedatangan presiden dan rombongannya pun dia masih ingat. Yakni, pukul 11.30 waktu setempat. Serangkaian persiapan untuk menyambut Jokowi dan rombongannya sudah dilakukan di rumah makan yang terletak di Kelurahan Tikala Ares, Kecamatan Tikala, Jalan Balai Kota, kompleks Kantor Wali Kota Manado, itu sejak beberapa hari sebelumnya.

Sehari sebelum hari H, rumah makan dan area sekitarnya disterilkan. Pada hari yang ditentukan, Nasir menyambut langsung di depan rumah makan. ’’Saya langsung sambut presiden waktu itu. Menunya sudah siap. Banyak rombongan. Semua full,’’ ungkap Nasir kepada Manado Post (Grup Jawa Pos) yang menemuinya pada Januari lalu.

Begitu sampai, Jokowi langsung bersantap siang. ’’Di sini sekitar 1,5 jam. Makan, berbincang, dan ada yang minta foto. Bahkan membagikan bingkisan di jalan depan RM AfishA,’’ terang Nasir.

Jokowi tampak begitu menikmati sajian serba-ikan di restoran tersebut. Setelah menyantap hidangan di tempat, dia juga memesan 30 ikan tude bakar untuk dibawa pulang. ’’Presiden makan lumayan lahap. Bahkan sempat meminta dibuatkan ikan tude bakar untuk dibawa ke istana negara,’’ ungkapnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (*/c7/aph)

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads