alexametrics
Warung Langganan Presiden (56)

Rumah Makan Khas Jawa 1985, Resep Asli, Bikin Jokowi Bernostalgia

2 Mei 2022, 17:31:08 WIB

Makan bukan sekadar urusan mengenyangkan perut. Menurut peneliti makanan asal Amerika Serikat, Michael Pollan, makanan juga berguna sebagai tugu pengingat. Di mana, kapan, dan bersama siapa mereka mengelilingi meja pada masa lalu.

NURUL KOMARIYAH, Malang

JawaPos.com – Kesibukan melayani pelanggan terlihat sejak pukul 6 pagi di rumah makan Khas Jawa 1985 di kawasan Jalan Diponegoro, Kota Batu. Baskom-baskom di dalam rak kaca berisi aneka menu menjadi sajian yang bisa langsung dipilih. Total, ada 25 menu berbeda yang disuguhkan setiap hari. Mulai sambal goreng kentang, kering tempe, serundeng, daging bumbu bali, ayam bumbu rujak, rendang ati, krengsengan, hingga semur lidah.

Tidak jauh dari pintu masuk, tampak foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) terpatri. Sebuah tetenger bahwa presiden ketujuh Indonesia tersebut pernah mampir ke sana. Tepatnya pada tujuh tahun lalu. Ketika itu Jokowi mengunjungi Kota Batu untuk menyosialisasikan kartu Indonesia sehat (KIS).

Ika Febri Arliningtyas, pengelola Khas Jawa 1985, menjelaskan, H-2 sebelum kunjungan Jokowi, dirinya baru diberi tahu bahwa orang nomor satu di Indonesia itu bersama rombongan akan mampir ke restonya. ”Begitu Pak Jokowi datang, warga sekitar langsung menyerbu sampai menyesaki jalan raya,” ujar Ika.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (*/c14/dra)

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads