alexametrics
Warung Langganan Presiden (58)

Memanjakan Lidah Presiden Megawati ala Hotel Tugu Sri Lestari Blitar

Kotokan Ikan Kutuk Selalu Jadi Jujukan
2 Mei 2022, 20:31:54 WIB

Beberapa kali Presiden Megawati Soekarnoputri menyambangi Blitar. Dan, ketika berada di Kota Patria, presiden perempuan pertama Indonesia itu selalu menyempatkan bersantap dengan kotokan ikan kutuk, pecel kembang turi, hingga burung dara goreng.

GALIH ADI PRASETYO, Blitar

JawaPos.com – Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri sudah punya langganan setiap berziarah ke makam ayahnya di Blitar. Megawati selalu menginap dan bersantap di Hotel Tugu Sri Lestari.

”Di sini ada kamar khusus yang didedikasikan untuk Bung Karno, Sang Fajar Suite Room,” ujar Operations Manager Hotel Tugu Sri Lestari, Blitar, Suhartini.

Di ruang tersebut, terpampang lukisan hingga barang-barang yang terkait dengan Bung Karno. Misalnya, foto asli Megawati Soekarnoputri dan putranya, Muhammad Prananda Prabowo, bersama pendiri Hotel Tugu Anhar Setjadibrata saat berziarah ke pusara Bung Karno. Sejumput bunga tabur dari makam pun disimpan di sana. Lalu, ada lemari kaca yang berisi buku tentang Bung Karno dan selembar kertas bertanda tangan asli Bung Besar, julukan Soekarno.

Hartini –sapaan Suhartini– mengungkapkan, saat berkunjung ke Blitar dan menginap di hotelnya, Megawati seakan-akan pulang ke rumah ayahnya. Setiap datang, menu-menu kesukaan Megawati pasti turut disiapkan. Terakhir, Megawati menyambangi Blitar dan menikmati menu tersebut pada 2018.

”Beberapa menu favoritnya adalah kotokan ikan kutuk, sayur asam, burung dara atau ayam goreng kampung. Kalau pagi, biasanya minta pecel dengan kembang turi yang banyak. Dan, menu itu tidak hanya disajikan saat beliau datang ke hotel, tapi juga ketika ada acara di luar,” jelas Hartini.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (*/c14/dra)

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads