alexametrics
Warung Langganan Presiden (59)

Andalkan Kuliner Tidayu, Pondok Ale-Ale Curi Hati Jokowi

Cari Kerupuk Putih untuk Temani Ikan Goreng
2 Mei 2022, 21:48:39 WIB

Namanya Pondok Ale-Ale. Dalam bahasa setempat, ale-ale artinya kerang putih. Bangunan rumah makan itu unik, seperti durian. Raja buah tersebut memang mudah ditemui di Kalimantan Barat. Kearifan lokal yang menjadi ciri khas restoran itu membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak cukup hanya sekali singgah ke sana.

ARISTONO, Pontianak

JawaPos.com – Rumah Makan Pondok Ale-Ale menjulang setinggi tiga lantai di atas lahan seluas 1.400 meter persegi. Ornamen khas Tidayu (Tionghoa, Dayak, Melayu) menghiasi bangunan berbentuk mirip durian tersebut. Bagian belakang rumah makan berbatasan dengan kanal yang mengalir ke Sungai Kapuas. Pondok Ale-Ale juga dinaungi pepohonan rindang.

Tampilan yang unik, lingkungan yang asri, dan lokasi strategis di dekat kompleks pemerintahan Jalan Sutoyo, Pontianak, menjadikan Pondok Ale-Ale sebagai jujukan warga dan pendatang. Ketika Pontianak Post (Grup Jawa Pos) bertandang pada akhir Januari lalu, meja-meja di lantai 1 dipadati pengunjung. Maklum, saat itu jam makan siang.

Keramaian di meja makan sebanding dengan kerepotan di dapur. Sebab, para juru masak Pondok Ale-Ale baru mulai beraksi setelah pesanan masuk. Dengan demikian, semua hidangannya segar. Lauk yang berupa ikan atau kepiting bisa dipilih langsung dari akuarium. Sementara itu, beragam sayuran disimpan rapi dalam etalase dekat dapur.

’’Kalau dihitung, mungkin 40 persen orang yang makan di sini adalah orang luar Pontianak. Sisanya baru warga lokal,’’ kata Edy Hartanto, pemilik Pondok Ale-Ale. Sebelum pandemi, rumah makan itu punya beberapa cabang di seantero Pontianak. Kini kedai utama di dekat gubernuran itulah yang masih bertahan dan tetap ramai pembeli.

IKAN ASAM PEDAS: Menu khas Melayu ini menjadi favorit pelanggan rumah makan yang terletak di tengah kota itu. (Pontianak Post)

Editor : Edy Pramana

Reporter : (*/c7/hep)

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads