alexametrics

Sate Lilit Simbol Masyarakat Bali yang Cinta Persatuan

1 April 2022, 06:36:38 WIB

DARI sisi sejarah, sate lilit adalah makanan tradisional Bali. Latifahtur Rahmah, pengajar di Akademi Kuliner dan Patiseri Ottimmo International Surabaya, menjelaskan bahwa pada awal kemunculannya, sate lilit terbuat dari daging babi cincang atau daging ikan cincang. Tapi, seiring berjalannya waktu, sate lilit pun bisa terbuat dari daging ayam.

”Nah, daging yang dicincang ini tadi dicampurkan dengan parutan kelapa, santan kental, dan berbagai bumbu lain,” ungkap Ifa –panggilan akrab Latifahtur– kepada Jawa Pos.

Setelah bahan-bahan itu tercampur, langkah selanjutnya adalah melilitkannya pada tusukan bambu. Bisa juga pegangan satenya terbuat dari tebu atau batang serai. Daging yang sudah menempel pada tusuknya itu lantas dibakar di atas arang.

Sate lilit hampir selalu mendominasi menu sajian dalam hajatan masyarakat Bali. Mulai acara budaya sampai keagamaan.

Tentang kekhasan itu, Ifa menyinggung filosofi sate lilit. Bagi masyarakat Bali, sate lilit adalah simbol pemersatu. Kata lilit dalam bahasa Bali berarti mengelilingi atau membungkus. Daging yang dililitkan pada tusukan bambu atau batang tebu dan batang serai itu melambangkan masyarakat Bali yang berpegang teguh pada persatuan.

Sate lilit melibatkan pembakaran sebelum disajikan. Daging yang dicincang dan diimbuhi bumbu serta kelapa itu tidak hancur saat dibakar. Justru semakin erat mencengkeram pada tusukannya. Filosofi yang sama dipegang masyarakat Bali. Kendati banyak cobaan dan tantangan, masyarakat Bali tidak mudah tercerai-berai.

Hal lain yang menarik dari sate lilit adalah cara memasaknya. Pembakaran sate lilit, dalam hajatan, biasanya melibatkan banyak orang. ”Jadi, pas manggang sate lilit ini udah kayak kegiatan sosial masyarakat. Lewat kegiatan ini, masyarakat Bali bisa berkomunikasi tanpa adanya batasan kasta atau status Bali mereka,” ujar Ifa.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ama/c19/hep

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads