JawaPos Radar

Review Produk

LG V30 Plus Juara! Sanggup Bertahan Meski Digiling di Mesin Cuci

20/02/2018, 07:05 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
LG V30 Plus
LG V30 Plus (Teguh Kautsar/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - LG resmi memboyong V30 Plus ke pasar tanah air akhir Desember lalu. Perangkat flagship LG tersebut dibanderol dengan harga Rp 10 jutaan. Kali ini JawaPos.com berkesempatan menjajal langsung kehebatan LG V30 Plus tersebut. Ingin tahu lebih jauh? Berikut ulasannya:

Desain dan Spesifikasi

LG V30 Plus memiliki desain yang terbilang wah. Kerangkanya dibalut bahan alumunium. Bagian belakang bodinya dibungkus dengan material plastik dengan bahan khusus yang membuatnya tampak seperti terbungkus material kaca. Terlihat cantik, namun jika diketuk-ketuk terasa sangat ringkih dan murahan.

Review LG V30 Plus Tahan di Mesin Cuci (Youtube)

LG V30 Plus memiliki ketebalan sebesar 7,3 mm dengan lebar layar seluas 6 inci membuat ponsel ini nyaman digenggam. Terlebih sisi-sisi dari ponsel ini dibuat agak melengkung menambah rasa nyaman saat menggenggamnya. Sangat cocok dengan pengguna yang memiliki telapak tangan tidak begitu besar.

LG V30 Plus memiliki bobot keseluruhan sebesar 158 gram. Lebih berat 3 gram jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S8 yang hanya memiliki bobot 155 gram. Namun LG V30 Plus memiliki ketebalan yang lebih tipis dari Samsung Galaxy S8. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy S8 memiliki ketebalan 8 mm, sedangkan LG V30 Plus hanya 7,3 mm.

Kesan pertama yang timbul saat melihat smartphone seharga Rp 10,4 jutaan ini adalah terkesima. Sebab, desainnya memang terlihat anggun. Tersedia pilihan warna, Aurora Black dan Cloud Silver, membuat pengguna LG V30 Plus makin terlihat elegan.

Sekilas, desain layar utama LG V 30 Plus tampak mirip dengan Samsung Galaxy S8. Ketika JawaPos.com mencoba produk ini, banyak yang terkecoh dan menduga bahwa ini adalah Galaxy S8. LG membuat ujung-ujung layar melengkung, bukan bersiku, sehingga jika dilihat dari samping akan memberi kesan seolah layar melengkung ala Edge di Samsung Galaxy.

Ketika menyentuh dan mengoperasikan antarmukanya, layar LG V30 Plus terasa ringan dan cepat. Kinerjanya didukung hardware kelas atas, seperti chipset Snapdragon 835 dengan CPU octa-core, GPU Adreno 540, dan dukungan memori RAM 4 GB, serta kapasitas penyimpanan internal sebesar 128 GB yang dapat diperluas menggunakan slot Micro SD hingga 256 GB.

LG V30 Plus diberikan daya baterai sebesar 3300 mAh dengan dukungan fast charging. Ketika JawaPos.com mencobanya, baterai terisi hingga 50 persen dengan lama waktu pengisian selama 36 menit. LG V30 Plus masih berjalan pada sistem operasi Android 7.1.2 (Nougat).

Pada bagian belakang bodi, terdapat tombol dan sensor fingerprint. Namun tombol tersebut terasa kurang apik. Pasalnya, jika ditekan akan muncul bunyi yang terdengar tidak kokoh.

Untuk diketahui, LG V30 Plus adalah smartphone ber-chipset Snapdragon 835 pertama yang hadir resmi di Indonesia. LG V30 Plus sebenarnya memiliki dua slot untuk kartu SIM, namun hanya bisa digunakan satu slot saja jika kamu menambahkan kartu memori tambahan. Karena lubang kartu SIM satunya digunakan untuk menampung kartu memori tambahan.

Layar dan Multimedia

Panel layar P-OLED LG V30 Plus mendukung teknologi high dynamic range (HDR) yang membuat warna dan perbedaan gelap-terang terasa lebih kontras. Saat dilihat dari berbagai sisi pun, warna yang ditampilkan di layar tidak terlihat mengalami perubahan atau menjadi gelap sebagian.

LG V30 Plus memiliki layar berteknologi P-OLED capacitive touchscreen berukuran 6 inchi. Layar lebar pada LG V30 Plus memiliki resolusi 1440 x 2880 piksel dan kerapatan layar 537 ppi (pixel per inch). Layar LG V30 Plus sudah dilapisi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 sehingga tahan terhadap goresan.

Dari segi audio, LG memasang fitur andalan quad-DAC (digital-analog converter) dalam V30 Plus. Fitur ini diklaim menghasilkan audio 32-bit tingkat tinggi. Saat dicoba memutar video HDR di YouTube, suara terdengar keras namun tidak pecah, sangat nyaman digunakan.

Colokan audio 3,5 mm tetap disertakan dalam V30 Plus. LG juga melengkapi V30 Plus dengan earphone buatan Bang & Olufsen dalam paket pembelian, khusus untuk pasar Indonesia. Namun sayangnya JawaPos.com tidak menerima paket lengkap dari LG V30 Plus.

Kamera

Kamera ganda di bagian belakang LG V30 Plus mengusung skema kombinasi lensa sudut normal dan wide angle. Untuk kamera dengan sudut normal, terdapat lensa dengan sudut 71 derajat yang dipasangkan dengan sensor 16 megapiksel.

Lensa kamera sudut normal ini mengusung bukaan diafragma f/1,6, bukaan lensa terlebar yang dimiliki kamera smartphone saat ini. Sementara kamera sudut lebar di belakang memiliki sudut lensa 120 derajat dengan sensor resolusi 13 megapiksel dan bukaan lensa lebih kecil, yakni f/1,9.

Salah satu hal yang kami suka dari LG V30 Plus adalah kameranya. LG V30 Plus memiliki hasil jepretan wide angle yang ciamik. Sudut-sudutnya rapih dan tidak melengkung. Sebab LG mengklaim efek fish eye yang menyebabkan gambar melengkung pada mode wide angle berkurang hingga 30 persen.

Jika digunakan untuk memotret foto dengan efek bokeh pun demikian. Gambar yang dihasilkan tetap tajam dengan hasil yang baik. Namun sayangnya untuk dapat memotret foto bokeh, kamu harus mendekatkan atau melakukan zoom kepada objek yang dituju. Hal tersebut berbeda dengan vendor lain yang memang menjual efek bokeh sebagai keunggulan utamanya. Jadi tidak perlu melakukan zoom terlalu dekat untuk mendapat efek bokeh.

LG V30 Plus patut diacungi jempol untuk hasil foto low light-nya. Menakjubkan. Hasil yang didapat terlihat sangat baik dengan efek noise yang sedikit. Gambar-gambar yang dihasilkan saat memoret dalam keadaan gelap juga tetap tajam dan memiliki warna yang terbilang natural.

Untuk foto daylight terbilang sama dengan produk flagship dari vendor lainnya. Sebab tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan dan selera pengguna.

LG juga terkenal dengan mode manual pada kameranya. Untuk beberapa hal terbilang sangat membantu, terlebih bagi kamu penyuka fotografi yang senang menantang kemampuan diri sendiri dengan pengaturan manual.

LG V30 Plus memberikan pengaturan yang terbilang lengkap. Yakni pengaturan WhiteBallance, Fokus, ISO, dan Shutter Speed. Begitu juga dengan efek-efek yang disediakan, tinggal memilih saja sesuai dengan kebutuhan kamu.

Untuk kamera depan, LG memasang sensor resolusi 5 megapiksel dengan sudut lensa 90 derajat dan bukaan diafragma f/2,2. Hasil yang dapat disampaikan mengenai kamera depan tidak terlalu menarik. Sebab kamera depannya memiliki hasil yang biasa saja bahkan cenderung jelek. Kalah dengan vendor asal Tiongkok yang mengusung selfie kamera sebagai nilai jual utama.

Untuk mode videonya, kamu akan dimanjakan dengan pengaturan mode manual yang sudah dijelaskan tadi. Kamu bisa menyesuaikan sendiri dengan kebutuhan kamu. Ada fitur unggulan yang akan ditemukan perangkat LG V30 Plus yang belum ada pada merk manapun, yakni fitur 'Cine Video' yang membuat kamu dapat melakukan zoom pada satu titik dengan sangat halus.

Fitur tersebut akan menghasilkan gambar yang terlihat sinematik berkat beberapa efek dan filter yang ditawarkan. Persis menggunakan kamera video profesional. Bisa dilihat hasilnya dalam video di atas.

Fitur

LG V30 Plus memiliki fitur keamanan yang terbilang lengkap. Sebab LG menyematkan fitur pengenalan wajah, sensor sidik jari, dan pengenalan suara, untuk mendukung keamanan data dari ponsel besutannya.

Bagi yang suka kegiatan outdoor, LG V30 Plus juga dibekali dengan sertifikasi IP68 yang mendukung fitur tahan air. Sertifikasi tersebut memungkinkan LG V30 Plus bsia diajak menyelam dengan kedalaman hingga 1,5 meter dengan durasi 30 menit.

Bahkan JawaPos.com sempat mencucinya dengan air mengalir disebuah wastafel dan tidak terasa dampak apapun, masih bekerja dengan baik. Dirasa kurang, JawaPos.com mencobanya memasukan ke mesin cuci yang menyala dan dalam keadaan kosong.

Dalam mesin cuci yang penuhi air, LG V30 Plus diaduk-aduk dan berputar selama kurang lebih 1 menit. Hasilnya, walaaaa! masih kuat dan tidak ada perubahan apapun. LG V30 Plus nasih bekerja baik, bodi-bodinya juga tidak ada efek apapun seperti habis dicuci, semua masih bekerja sebagaimana mestinya. Benar-benar tangguh.

Berkat dukungan chipset kelas atas dari Qualcomm, LG V30 Plus juga asik diajak bekerja keras untuk memainkan game dengan kualitas tinggi. Kinerja dari Snapdragon 835 membuat game berat yang dimainkan menjadi terasa ringan, meski pada beberapa game terdapat efek buffering pada frame per second-nya. Bukan patah-patah, hanya terasa kurang halus. Itu pun sedikit. Sepertinya itu masalah dari software bawaan LG saja, sebab jika sudah dibekali dengan Snapdragon 835, seharusnya kinerja dari LG V30 Plus tidak bisa dianggap remeh.

LG V30 Plus tidak memiliki layar terpisah di bagian atas. Sebagai gantinya, diberikan fitur 'Floating Bar' yang bisa digunakan untuk memutar musik, screenshoot, dan personalisasi menu lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Posisinya pun bisa diatur menyesuaikan keinginan pengguna.

Kesimpulan

LG V30 Plus dengan harga yang ditawarkan menjadi ponsel yang layak untuk dibeli. Mengingat fitur, desain, dan spesifikasi yang terbilang wah di kelasnya. Terlebih bagi kamu yang hobi fotografi dan videografi untuk menghasilkan gambar dengan kualitas mumpuni. Namun sayang bagi kamu untuk membeli ponsel ini jika berharap hasil selfie-nya akan sebanding dengan kamera utamanya. Sebab kamera selfie pada LG V30 Plus bisa dibilang cemen untuk harga Rp 10 jutaan.

Untuk segi desain juga tidak bisa dianggap jelek, walaupun material bagian belakangnya masih berupa plastik yang dibuat mirip kaca, namun tidak mengurangi kecantikan dari ponsel flagship LG ini. Desain bodinya juga ergonomis, nyaman digenggam dalam waktu lama. Apalagi ada fitur keamanan tambahan dan fitur tahan air. Ini membuat LG V30 Plus layak untuk diandalkan.

Keseluruhan, LG V30 Plus boleh dibilang 'Complete Package'. Sebab, harga dan rupa bisa dibilang sebanding. Tinggal bagaimana LG dapat melakukan beberapa strategi saja untuk dapat merebut segmen ponsel tanah air.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up