JawaPos Radar

Review Produk

AMD Ryzen dan Radeon Vega Bikin HP 14 Nyaman untuk Pekerja Kreatif

19/08/2018, 17:22 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
HP Laptop 14, HP AMD Ryzen, Laptop AMD AMD
HP Laptop 14-cm0006AU dengan prosesor AMD Ryzen 3 2200U dan kartu grafis Radeon Vega 3 (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Hewlett-Packard (HP) baru saja memperkenalkan jajaran laptop terbarunya pekan lalu. Tercatat ada dua varian yang menyasar segmen berbeda dari laptop yang dibawa perusahaan asal Palo Alto, California, Amerika Serikat (AS) itu. Pertama, HP Envy x360 yang menyasar segmen pekerja kreatif. Kedua, ada HP 14 dan 15 untuk pengguna umum atau kreatif pemula.

Untuk HP Envy x360, HP membungkusnya dengan kemasan premium. Berbekal design ultrathin alias super tipis. Laptop dengan bentang layar 13 inci dan konsep hybrid itu dibanderol dengan harga mulai Rp 14,9 jutaan. Sementara untuk HP Laptop 14 dan 15, seperti namanya hadir dengan bentang layar 14 inci dan 15 inci.

Tidak semahal HP Envy x360, HP 14 dan 15 Laptop PC dijual mulai harga Rp 6,2 jutaan. Terpaut cukup jauh bukan? Ya, jelas, sebab spesifikasinya memang jauh berbeda. Keduanya memiliki kesamaan pada sektor prosesor dan pengolah grafis yang sama-sama dipercayakan pada AMD dengan AMD Ryzen Mobile dan kartu grafis Radeon Vega.

HP Laptop 14, HP AMD Ryzen, Laptop AMD AMD
Tampilan bagian atas HP Laptop 14 dengan prosesor AMD Ryzen. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

JawaPos.com mendapat kesempatan untuk menajajal salah satu varian dari laptop terbaru HP. HP 14 mampir untuk kami uji sebelum hari peluncurannya tiba. Banyak kesan yang akan kami sampaikan bagi kamu yang berencana untuk membeli laptop ini.

Agar tidak bingung, laptop yang kami coba memiliki kode HP Laptop 14-cm0006AU dengan prosesor AMD Ryzen 3 2200U dan kartu grafis Radeon Vega 3. Laptop ini kami ajak untuk menunaikan kewajiban bekerja dan kebutuhan daily use, seperti beberapa pengerjaan pengetikan, browsing, editing sederhana, juga bermain game.

Desain

HP Laptop 14, HP AMD Ryzen, Laptop AMD AMD
Penampilan HP Laptop 14 dengan prosesor AMD Ryzen. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dari segi penampilan, laptop ini tidak ada sesuatu yang istimewa. Masih wajar seperti laptop kebanyakan. Tipis pun tak seberapa tipis. Sebab, dari segi dimensi, HP 14 Laptop PC hadir dengan dimensi keseluruhan 335mm x 234mm x 19.9 mm dengan bobot 1,47 Kg.

Soal material, dibalut plastik di hampir sekujur tubuhnya. Mungkin, plastic dipilih agar bebannya tidak makin berat. Ada juga material metal, namun tidak dominan. HP 14 Laptop hadir dengan lima pilihan warna. HP menyebut masing-masing warnanya dengan Smokey Grey, Jet Black, Scarlett Red, Natural Silver, dan Pale Gold. Pale Gold menjadi laptop HP yang ikut bersama kami selama beberapa waktu.

HP Laptop 14, HP AMD Ryzen, Laptop AMD AMD
Desain sisi kanan HP Laptop 14 dengan prosesor AMD Ryzen. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Meski demikian, seperti halnya laptop yang hadir belakangan, material plastiknya sekilas memang tidak terlalu tampak. HP mengakalinya dengan sentuhan brushed ala metal. Kalau dilihat dari jarak yang tidak terlalu dekat, orang akan mengira bahwa laptop ini terbungkus material kuat dari metal.

Laptop ini hadir dengan konsep warna two-tone. Warna-warna yang kami sebutkan di atas merupakan warna bagian luar saja. Sementara untuk bagian dalamnya alias interiornya diberikan warna hitam pekat hampir di seluruh interiornya. Mulai dari panel keyboard, area swipe trackpad, klik kanan dan kiri, hingga ke bagian bingkai layarnya. Terdapat warna berbeda hanya pada bagian engsel penyangga layar dan tombol power saja.

HP 14 Laptop PC hadir dengan layar seluas 14 inci pas. Sementara di bagian bawahnya ada keyboard yang berwarna hitam pula yang hadir tanpa area numerik-pad atau tombol angka. Seperti laptop dengan kisaran harga yang sama, yakni Rp 5 jutaan, jangan berharap adanya backlight di area keyboard-nya. Kamu harus berpuas dengan satu-satunya lampu keyboard yang terletak di tuts Capslock saja.

HP Laptop 14, HP AMD Ryzen, Laptop AMD AMD
Desain keyboard HP Laptop 14 dengan prosesor AMD Ryzen. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Engsel penyangga layar dibuat dari bahan metal untuk menunjukkan kesan kokoh pada laptop. Sementara di bawah engsel ada area speaker dengan bentuk memanjang yang di sisi kiri atasnya bersanding tombol power.

Untuk port connector, HP 14 terbilang lengkap. Pada sisi kanan dan kirinya tersedia beragam colokan yang bisa kamu pakai. Walaupun penempatan colokannya dominan pada tepi kanannya. Ada 2 USB 3.1 Gen 1 (Data Transfer Only), 1 USB 2.0, 1 HDMI v1.4b , 1 RJ-45 , 1 Headphone & Microphone combo, 1 multi-format SD media card reader, dan Kensington MicroSaver security lock support.

Beralih ke sektor keyboard, HP 14 tampil dengan jarak antartuts yang terbilang lega. Kami suka dengan keyboardnya. Pengalaman mengetik menggunakan laptop ini terbilang nyaman dan baik. Kesalahan pengetikan atau typo bisa ditanggulangi berkat jaraknya yang jauh satu sama lain.

HP Laptop 14, HP AMD Ryzen, Laptop AMD AMD
Desain bagian bawah HP Laptop 14 dengan prosesor AMD Ryzen. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Hal tersebut kami pikir wajar. Area tuts yang lega tentu mendukung karena tidak adanya area numpad pada laptop ini. Hadirnya area numpad pada sebuah laptop memang subjektif. Sebab ada yang suka dan di sisi lain tidak. Kehadiran numpad pada laptop memang memiliki kekurangan dan kelebihan, tergantung kamu suka yang mana.

Beralih ke trackpad, seperti area keyboard, trackpad terbilang lega. Dengan peletakan pas di tengah-tengah, pekerjaan yang banyak membutuhkan kegiatan ‘sapu-menyapu’ trackpad akan nyaman dilakukan di HP 14. Bagian klik kiri dan klik kanannya dibuat menonjol dan tampak jelas. Tidak alot atau keras, jadi tak perlu banyak tenaga. Sentuhan dan respons gerak trackpad juga responsif.

Multimedia

HP Laptop 14, HP AMD Ryzen, Laptop AMD AMD
Tampilan layar dan keyboard HP Laptop 14 dengan prosesor AMD Ryzen. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Memiliki bentang layar seluas 14 inci, laptop ini masih nyaman untuk berbagai hal. Resolusi yang dimiliki adalah 1366 x 768 dan didukung panel layar LED. Tak lupa, di bagian atas layar tersemat webcam untuk kebutuhan video conference atau sekadar berfoto.

Sementara untuk audionya, disertakan opsi dual speaker pada laptop ini. HP menjanjikan kualitas suara jernih. Bagi kamu para gamers, pekerja kreatif sebagaimana target market dari laptop ini atau sekadar penyuka musik pasti suka dengan suara yang dihasilkan HP 14.

Menurut kami, laptop ini memiliki kualitas speaker dengan suara bass dan treeble yang seimbang. Cukup nyaman untuk kualitas suara yang dihasilkan dari speaker-nya. Apalagi penempatan speaker-nya yang berada di atas keyboard, bukan di bagian bawah yang bisa membuat suara tidak keluar sempurna.

Performa

HP Laptop 14, HP AMD Ryzen, Laptop AMD AMD
Tampilan layar dan keyboard HP Laptop 14 dengan prosesor AMD Ryzen. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

HP 14 Laptop PC mungkin biasa saja dari segi desain. Namun, untuk urusan performa, jangan picingkan sebelah mata untuk laptop ini. Mengapa? Sebab jika menilik dari sejarah kehadiran dan peruntukan AMD Ryzen Mobile, laptop yang diklaim HP andal untuk pekerjaan kreatif seharusnya cukup untuk itu.

Apalagi, laptop ini didukung oleh kartu grafis AMD Radeon Vega 3. Paket bawaan yakni AMD Ryzen 3 2200U yang dikombinasikan dengan RAM 4 GB, hard disk 1 TB, dan sokongan kartu grafis Radeon Vega 3 Graphics membuat HP 14 patut dipertimbangkan dalam daftar laptop rekomendasi yang ingin kamu beli.

Untuk RAM, bawaannya memang hanya 4 GB DDR4-SDRAM. Namun, jika kurang, kamu bisa upgrade sampai 16 GB. Ruang penyimpanan sudah hadir sebesar 1 TB. Soal kemampuannya dalam mengerjakan aplikasi standar kantoran, semuanya bisa dilibas dengan lancar jaya.

Untuk kebutuhan gaming? Bisa juga. Hanya perlu digarisbawahi, kendati laptop ini bisa dipakai bermain game, namun ini bukan laptop spesialis gaming ya. Khusus untuk gaming, akan kami bahas setelah ini.

Ada beberapa hal yang perlu dicatat supaya HP 14 bisa berjalan dengan maksimal. Sistem operasi yang terpasang harus Windows 10. Dalam paket pembelian sudah terinstal, jadi tidak perlu di-downgrade ya. Lantas, pastikan untuk update driver terbaru dari situs HP untuk memberikan performa terbaik.

Performa untuk daily use tercermin pada pengukuran dengan PC Mark. Skor yang dihasilkan 2403. Sangat mumpuni untuk menjalankan aplikasi kantoran, video conference tanpa lag karena bisa 30 FPS (tergantung koneksi internet), editing ringan video dan foto. Bahkan, untuk Cinebench bisa menyentuh 32 FPS dan skor 530 CB.

Gaming

HP Laptop 14, HP AMD Ryzen, Laptop AMD AMD
Screenshot saat menguji game for Speed Payback di HP Laptop 14 dengan prosesor AMD Ryzen. (Dhimas Ginanjar/JawaPos.com)

Laptop dan game memang sulit dipisahkan. Meski bukan spesialisasi untuk game, user kerap mencoba untuk memasang beberapa game. Begitu juga dengan HP 14. Kombinasi antara AMD Ryzen yang didukung kartu grafis Radeon Vega sudah kuat untuk menjalankan beberapa game.

Game berat seperti Need for Speed Payback bisa dimainkan dengan baik. Seting grafis otomatis sudah bisa menghasilkan nilai rata-rata 23 FPS dengan skor tertinggi 27 FPS. Nilai tinggi itu membuat game ini bisa dimainkan dengan nyaman tanpa khawatir lag berlebihan.

Saat dicoba bermain Battlefield 1, skor yang dihasilkan juga tinggi. Rata-rata mendapat 25 FPS dengan nilai tertinggi 29 FPS. Hasil ini tentu bisa saja berbeda, bergantung pada level atau stage yang dimainkan. Namun, secara umum, harusnya tidak jauh berbeda.

HP Laptop 14, HP AMD Ryzen, Laptop AMD AMD
Skor PC Mark HP Laptop 14 dengan prosesor AMD Ryzen. (Dhimas Ginanjar/JawaPos.com)

Skor yang tinggi itu, jika dipadukan dengan konseksi internet yang stabil dan kencang, bisa mendukung pengalaman bermain game online dengan asyik. Lewat Battlefield, kami mencoba untuk bermain online dengan hasil yang lancar.

Game lain yang dicoba adalah Tomb Raider, petualangan Lara Croft bisa dijalankan sangat lancar dengan seting grafis normal. Rata-rata nilainya adalah 33,4 FPS. Sedangkan skor tertingginya menyentuh 44 FPS. Hasil yang sama juga didapat ketika bermain game seperti FIFA 18. Tak ada masalah untuk bermain dengan lock FPS 30 maupun 60 FPS.

Simpulan

HP Laptop 14, HP AMD Ryzen, Laptop AMD AMD
Desain HP Laptop 14 dengan prosesor AMD Ryzen. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Pengalaman menggunakan HP 14 Laptop PC untuk beberapa waktu cukup menyenangkan. Beberapa pekerjaan kreatif tentu bisa dihadapi laptop ini dengan cukup memuaskan. Sebab, spesifikasinya memang memiliki kemampuan untuk itu.

Untuk konsumsi daya pun demikian. Catatan kami, untuk kegiatan bekerja nonstop disambi mendengar musik, mampu mencatatkan waktu selama lebih dari tujuh jam dengan sekali pengisian daya penuh.

Untuk pengisian dayanya pun terbilang cukup cepat, 90 menit bisa membuat baterainya terisi penuh dari kondisi benar-benar habis. Untuk informasi, baterainya menggunakan 3-cell, 41 Wh Li-ion prismatic Battery. Dibanderol di kisaran Rp 6,2 jutaan, tampang laptop memang terbilang biasa. Namun, performa laptop ini tetap boleh diacungi jempol.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up