alexametrics
Review Produk

Redmi Note 6 Pro Masih Layak Dibeli?

7 Februari 2019, 08:10:15 WIB

JawaPos.com – Xiaomi tampaknya semakin serius bakal terus menggarap lini bisnis smartphone murah. Hal ini setelah Xiaomi memutuskan seri Redmi-nya untuk berdiri sendiri alias jadi brand mandiri.

Berdirinya Redmi sebagai merek sendiri juga ditandai lahirnya Redmi Note 7 sebagai smartphone pertamanya setelah ‘dicerai’ Xiaomi. Di pasar Indonesia sendiri Redmi Note 7 belum masuk. Sementara perangkat pendahulunya, Redmi Note 6 Pro, masih menjadi versi teranyar di tanah air.

Lantas, apakah Redmi Note 6 Pro sebagai suksesor Redmi Note 7 masih layak dibeli? Atau mending menunggu kehadiran Redmi Note 7 tiba di Indonesia? Nah, artikel ini bakal membahas banyak soal Redmi Note 6 Pro yang masih eksis di Indonesia. Apa bedanya dengan versi terdahulunya, Redmi Note 5, termasuk dengan penggantinya, Redmi Note 7.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro Review
Kelengkapan Xiaomi Redmi Note 6 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Desain

Kemasan Redmi Note 6 Pro tidak jauh berbeda dengan smartphone Xiaomi lainnya, juga tidak ada perubahan dengan pendahulunya, Redmi Note 5. Dalam boks Redmi Note 6 Pro terdapat adapter charger berdaya 5V/2A, kabel data microUSB, buku manual, softcase, dan SIM ejector.

Ukuran layar Redmi Note 6 Pro lebih besar dari sang kakak, Redmi Note 5. Redmi Note 6 Pro mengusung layar IPS LCD seluas 6,26 inci dengan aspek rasio 19:9 dan resolusi FullHD Plus (1.080 x 2.280 piksel). Sementara Redmi Note 5 memiliki resolusi yang sama, namun layarnya seluas 5,99 inci dengan rasio 18:9.

Layar Redmi 6 Pro tampil kekinian dengan takik atau notch. Area layar yang berlapis corning gorilla glass ini tampak polos tanpa adanya tombol fisik. Tiga tombol kapasitif LED untuk navigasi terletak di layar bagian bawah.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro Review
Desain depan atas Xiaomi Redmi Note 6 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Sisi atasnya ada infrared sensor untuk aplikasi remote control Mi Remote dan jack audio 3,5mm. Sedangkan sisi bawah terdapat speaker dan port microUSB. Posisi jack audio di sisi atas tersebut berbeda dengan Redmi Note 5 yang terletak di sisi bawah.

Kemudian pada layar bagian atas terdapat kamera ganda untuk selfie dengan sensor 20 MP dan 2 MP. Berbalik ke belakang, tampilannya sama persis seperti Redmi Note 5. Pada Redmi Note 6 Pro, kami juga menemui fingerprint sensor serta kamera ganda dan LED flash dalam posisi vertikal menonjol keluar. Kamera belakangnya memiliki sensor 12 MP dan 5 MP.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro Review
Desain belakang atas Xiaomi Redmi Note 6 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Untuk tombol fisik ada pada bagian sisi kanan ponsel, yakni tombol volume suara dan tombol power. Sementara sisi kirinya untuk menempatkan slot SIM card hybrid. Artinya, kamu harus memilih apakah ingin menggunakan fungsi dual SIM (micro SIM + nano SIM) atau mengorbankan satu slot untuk menambah penyimpanan (mircoSD + nano SIM).

Pengalaman menggunakan Redmi Note 6 Pro, ukuran layarnya lumayan besar. Bahkan kami sering kali kesulitan ketika menggenggam dengan satu tangan, sehingga agak kurang nyaman. Namun begitu, ketika untuk bermain game dalam posisi landscape, smartphone ini sangat pas. Genggaman kedua tangan nyaman untuk bermain game. Tombol navigasi fisiknya juga berjalan mulus selama penggunaan.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro Review
Desain bawah Xiaomi Redmi Note 6 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Performa

Antarmuka Redmi Note 6 Pro tampil sederhana ketika dinyalakan. Smartphone ini menjalankan MIUI 10 yang hadir dengan sejumlah fitur anyar berbasis Android 8.1 Oreo. Perlu diketahui juga bahwa unit yang kami review adalah Redmi Note 6 Pro berwarna hitam, varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Selama penggunaan, program ponsel ini berjalan mulus. Antarmuka terasa ringan, begitu pun ketika membuka maupun berpindah aplikasi terasa gesit. Redmi Note 6 Pro mengusung layar IPS sebesar 6,26 inci dengan resolusi Full HD+ (1.080 x 2.280 piksel). Kualitas layar terbilang bagus, sesuai harganya. Untuk respons layar sentuh pun terbilang baik.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro Review
Desain sisi kanan Xiaomi Redmi Note 6 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Daya Tahan dan Keamanan

Sektor lain yang tak kalah penting adalah baterai. Xiaomi Redmi Note 6 Pro memiliki kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh. Smartphone ini pun sudah memiliki fitur pengisian cepat (QC2.0). Ketika dicoba, pengisian dari nol hingga penuh memakan waktu kurang dari dua jam.

Untuk penggunaan sehari-hari, baterai Redmi Note 6 Pro terbilang awet. Pengalaman kami ketika untuk berselancar di internet, media sosial, bermain game, menonton video streaming, berfoto ria, dan sebagainya, baterainya sanggup bertahan selama 2-3 hari.

Sektor keamanannya sendiri, Redmi Note 6 Pro lumayan lengkap. Ada pemindai sidik jari dan face unlock untuk membuka gembok layar smartphone dengan wajah. Ketika JawaPos.com menjajalnya, face unlock berjalan normal asalkan dalam kondisi cahaya terang. Sebab, ketika kondisi gelap, fitur face unlock kesulitan membaca wajah pengguna.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro Review
Fitur kamera Xiaomi Redmi Note 6 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Gaming

Ketika kami mencoba untuk bermain game, Redmi Note 6 Pro lumayan bisa diandalkan meski tetap ada sedikit lag ketika dipasang kualitas tertinggi. Namun, hal itu wajar dan tidak menjadi masalah. Sebab, Redmi Note 6 Pro memang bukan gaming smartphone.

Kami menjajalnya untuk bermain game dengan berbagai genre seperti MOBA, Racing, dan FPS. Ketika memainkan game PUBG Mobile, performa grafis langsung otomatis melakukan setting ke mode medium. Smartphone mampu melibas tampilan grafis dengan sempurna. Kesan patah-patah pun jarang sekali terasa.

Hasil yang sama ketika diajak ngebut dengan memainkan game Asphalt 8. Performa grafis Redmi Note 6 Pro mampu berjalan di-setting medium dengan gejala lag yang hampir tidak terasa sama sekali. Asalkan jaringan internet dalam kondisi stabil, grafis yang dihasilkan terbilang bagus.

Fotografi

Perbedaan yang paling mencolok Redmi Note 6 Pro dengan pendahulunya, Redmi Note 5 ada pada kamera. Tepatnya kamera untuk penempa selfie. Jika pada Redmi Note 5 kamera depannya satu buah, namun Redmi Note 6 Pro terdapat dua buah.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro Review
Hasil kamera selfie Xiaomi Redmi Note 6 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Kamera swafoto Redmi Note 6 Pro juga sama-sama menggunakan sensor 20 MP, f/2.0. Hanya saja ada penambahan satu kamera lagi berkapasitas 2 MP, f/2.2. Sementara untuk kamera utamanya tidak ada perubahan. Redmi Note 6 Pro masih menggunakan resolusi 12 MP aperture f/1.9 dan sensor kedua sebesar 5 MP aperture f/2.0.

Fitur kamera selfie dinilai menjadi andalan Redmi Note 6 Pro. Selain menggunakan kamera ganda, sistem kamera Redmi Note 6 Pro juga dibantu artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Ya, hasilnya lumayan bagus. Setidaknya bisa membuat wajah lebih mulus dan bersih.

Seperti pada produk lainnya, mode manual di Redmi Note 6 Pro juga sangat terbatas. Hanya mengatur white balance dan ISO saja (100-3.200). Sementara fitur videonya sudah dilengkapi stabilisasi elektronik (EIS) yang membuat hasil rekaman stabil dan mulus. Untuk kebutuhan foto maupun video sehari-hari, Redmi Note 6 Pro lumayan bisa diandalkan.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro Review
Hasil kamera belakang Xiaomi Redmi Note 6 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Kesimpulan

Penampilan dan spesifikasi Redmi Note 6 Pro secara keseluruhan tidak banyak berubah dibanding pendahulunya, Redmi Note 5. Seperti dijelaskan di atas, perbedaan paling mencolok hanya terlihat pada ukuran layar dan kamera selfie.

Redmi Note 5 menggunakan sensor tunggal, sedangkan Redmi Note 6 Pro menggunakan penembak selfie ganda. Sementara perbedaan layarnya, Redmi Note 6 Pro berukuran lebih besar yakni 6,26 inci, sedangkan Redmi Note 5 berbekal layar 5,99 inci.

Kemudian perbedaan lainnya ada pada desain layar. Xiaomi Redmi Note 6 Pro tampil lebih kekinian dengan dukungan notch atau poni pada bagian atas layar dan ukuran bezel yang lebih kecil. Sementara Redmi Note 5 menggunakan desain tanpa notch dan ukuran bezel-nya sedikit lebih lebar. Posisi jack audio 3,5mm juga berubah. Redmi Note 6 Pro terletak di bagian atas, sedangkan Redmi Note 5 di sisi bawah.

Untuk performanya sendiri tidak ada perbedaan pada kedua smartphone tersebut. Karena memang keduanya memiliki spesifikasi yang sama persis. Jadi, Redmi Note 5 menurut kami masih bisa diandalkan mengingat perubahan versi terbarunya, Redmi Note 6 Pro, tidak terlalu besar. Hanya saja, yang perlu dicatat bahwa jika kamu membutuhkan smartphone yang lebih andal untuk berselfie ria, Redmi Note 6 Pro bisa menjadi pilihan.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 6 Pro Review
Desain belakang Xiaomi Redmi Note 6 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Pilihan lainnya jika kamu enggan membeli keduanya, masih ada versi paling anyarnya, yakni Redmi Note 7. Namun memang, kamu harus sabar menunggu sampai waktu yang belum bisa dipastikan. Pasalnya, Redmi Note 7 belum masuk ke Indonesia dan baru tersedia di negara asalnya, Tiongkok. Perubahan spesifikasi Redmi Note 7 pun lumayan besar, termasuk pada prosesor dan kamera selfie-nya yang menggunakan sensor 48 MP.

Oh iya, satu lagi sebelum terlewat. Sebagai perbandingan, saat ini Xiaomi Redmi Note 5 untuk varian memori RAM/ROM 3/32 GB dibanderol 2,399 juta, sedangkan varian 4/64 GB dihargai Rp 2,799 juta. Sementara Xiaomi Redmi Note 6 Pro varian RAM/ROM 3/32 GB dilepas dengan harga Rp 2,899 juta, sedangkan varian 4/64 GB dilego Rp 3,299 juta.

Terakhir untuk Redmi Note 7. Meski belum ada harga resmi di Indonesia, namun sebagai patokan, harga Redmi Note 7 di Tiongkok untuk varian RAM/ROM 3/32 dibanderol CNY 999 atau sekitar Rp 2 jutaan. Lainnya, ada varian 4/64 GB dengan harga CNY 1.199 atau setara Rp 2,4 jutaan. Sementara untuk model 6/64 GB dilabeli CNY 1.399 atau berkisar di Rp 2,9 jutaan.

Editor : Fadhil Al Birra

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Redmi Note 6 Pro Masih Layak Dibeli?