Prosesor Terkuat AMD Ryzen Threadripper Gen 2 Sudah Bisa Dibeli

14/08/2018, 14:31 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Prosesor AMD Ryzen Threadripper 2990WX dengan 32-core/64-threads. (Istimewa/AMD)
Share this image

JawaPos.com – AMD resmi mengumumkan ketersediaan prosesor desktop yang diklaim terkuat di dunia, yakni AMD Ryzen Threadripper generasi kedua 2990WX. Prosesor tersebut dibekali 32 core dan 64 thread yang dirancang untuk menenagai pengalaman komputasi tingkat tinggi.

Prosesor AMD Ryzen Threadripper generasi kedua dibangun menggunakan arsitektur prosesor x86 12nm ‘Zen Plus’ dan diakui menawarkan thread paling banyak dibanding prosesor desktop lainnya. Prosesor tersebut kabarnya memiliki keunggulan lain yang memberikan peningkatan performa hingga 53 persen daripada model-model unggulan milik kompetitor.

Prosesor AMD Ryzen Threadripper generasi kedua mendukung sebagian besar I/O dan kompatibel dengan motherboards dengan chipset AMD X399 yang tersedia dengan sebuah update BIOS sederhana. Hal ini menawarkan para perakit sebuah pilihan lain untuk merancang PC desktop kelas atas maupun PC workstation.

Prosesor AMD Ryzen Threadripper 2990WX dengan 32-core/64-threads. (Istimewa/AMD)

Senior Vice President and General Manager, Computing and Graphics Business Group, AMD, Jim Anderson menerangkan, prosesor Ryzen Threadripper diciptakan untuk memberikan komputasi multithread yang belum pernah ada sebelumnya. Ini akan menjawab kebutuhan para kreator, gamer, dan antusias PC di pasar high-end desktop.

“Dengan keluarga prosesor generasi kedua, kami membawa tantangan itu ke tingkatan yang belum pernah tercapai sebelumnya dengan memberikan prosesor desktop terkuat dan terbesar yang pernah ada di dunia,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Selasa (14/8).

Prosesor AMD seri WX menawarkan jumlah core terbanyak di kelasnya, yakni dengan menghadirkan Ryzen Threadripper 2990WX dengan 32-core/64-threads dan Ryzen Threadripper 2970WX dengan 24-core/48-threads.

Hal tersebut merupakan perwujudan dari pemrosesan multi-core murni yang dibangun untuk para prosumer yang mendambakan tenaga komputasi perhitungan baku untuk menjalankan beban kerja terberat. Bahkan AMD sesumbar bahwa Ryzen Threadripper generasi kedua 2990WX memberikan performa multithread yang hingga 53 persen lebih cepat daripada Core i9-7980XE1.

Sementara AMD Ryzen Threadripper generasi kedua 2990WX menawarkan performa rendering hingga 47 persen lebih cepat bagi para kreator daripada Core i9-7980XE.

Selain itu, pada varian lainnya, AMD mengaku sudah meningkatkan Seri X AMD Ryzen Threadripper generasi kedua dengan clocks base dan boost lebih tinggi yang menawarkan para antusias, kreator, gamer, dan streamer yang menginginkan performa tinggi dengan sebuah pengalaman gaming yang cantik dan indah.

Dalam hal ini, AMD Ryzen Threadripper 2950X generasi kedua dengan 16-core/32-thread memberikan performa multi-thread hingga 41 persen lebih tinggi daripada Core i9-7900X.

Prosesor AMD Ryzen Threadripper generasi kedua juga telah mengimplementasikan peningkatan Teknologi AMD SenseMI dengan Precision Boost 2 dan Extended Frequency Range 2 (XFR2). Ini memberikan peningkatan performa generasi yang juga terdapat pada prosesor desktop Ryzen generasi kedua. Performa dan nilai tambahan yang diberikan untuk para antuias yaitu Teknologi AMD StoreMI, Ryzen Master Utility, dan Precision Boost Overdrive (PBO).

Adapun Seluruh CPU AMD Ryzen Threadripper generasi kedua didukung oleh seluruh ekosistem dari platform X399, baik motherboard baru maupun seluruh motherboard yang sudah ada sebelumnya dengan sebuah update BIOS sederhana. Termasuk desain yang tersedia dari fabrikan motherboard papan atas termasuk ASRock, ASUS, Gigabyte, dan MSI.

AMD Ryzen Threadripper 2990WX dengan 32-core, 64-thread tersedia hari ini, 13 Agustus 2018, dari retailer dan system integrator global. Prosesor AMD Ryzen Threadripper 2950X dengan 16-core, 32-thread diharapkan meluncur pada 31 Agustus 2018 mendatang, dan AMD Ryzen Threadripper model 2970WX dan 2920X dijadwalkan untuk diluncurkan pada Oktober 2018. Sementara ketersediaan lebih detail bisa di cek di situs resmi AMD.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi