Kenalkan Snapdragon 850 untuk PC, Qualcomm Siap Saingi Intel dan AMD

06/06/2018, 18:52 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Senior Vice President and General Manager, Mobile Business Unit Qualcomm Technologies, Alex Katouzian. (Istimewa/Qualcomm)
Share this

JawaPos.com – Pameran teknologi Computex yang berlangsung di Tiongkok menjadi momen spesial bagi Qualcomm. Pabrikan asal Amerika itu mengumumkan chipset Snapdragon 850 Mobile Compute Platform. Chipset tersebut nantinya akan digunakan pada perangkat komputer.

Hadirnya perangkat System on Chip (SoC) Snapdragon 850, Qualcomm siap bersaing dengan raksasa chipset lainnya, yakni Intel dan AMD. Seperti diketahui, saat ini Intel dan AMD mendominasi perangkat komputer dan laptop untuk sektor prosesornya.

Referensi desain always on PC dengan Qualcomm Snapdragon 850. (Istimewa/Qualcomm)

Senior Vice President and General Manager, Mobile Business Unit Qualcomm Technologies, Alex Katouzian mengatakan, Snapdragon 850 Mobile Compute Platform didukung modem Snapdragon X20 LTE dan Qualcomm AI Engine. Prosesor ini dirancang untuk mendukung fitur ponsel cerdas yang banyak dicari pengguna dalam PC untuk selalu terkoneksi dengan LTE atau Wi-Fi.

"Sehingga para pengguna dapat menerima notifikasi dan mensinkronisasi data secara virtual saat sedang berpergian,” katanya dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Rabu (6/6).

Dia menerangkan, Snapdragon 850 memiliki arsitektur platform yang hemat daya dan dibuat untuk mendukung hingga 30 persen peningkatan kinerja sistem secara keseluruhan. Selain itu performa untuk kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI) juga diklaim tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Kemudian dukungan 1,2 Gbps untuk kecepatan konektivitas LTE, dan ketahanan baterai hingga 25 jam untuk penggunaan tanpa henti atau ketahanan hingga berhari-hari untuk penggunaan dalam kondisi normal juga disebut menjadi keunggulannya.

“Dengan efisiensi fabrikasi 10nm, Snapdragon 850 Mobile Compute Platform memungkinkan desain yang lebih ramping, mudah dibawa kemana-mana, dan desain tanpa kipas (fanless) bagi para konsumen yang memiliki mobilitas tinggi, dibandingkan dengan solusi fabrikasi 14nm yang ada sekarang ini,” kata Alex.

Selain itu, fitur baru pada Snapdragon 850 Mobile Compute Platform juga diklaim dapat mendukung pengalaman AI dalam perangkat (on-device AI). Grafis canggih dan audio berkualitas tinggi juga dirancang untuk memaksimalkan hiburan pengguna saat melihat video, mengambil foto, dan aktivitas lainnya saat membawa perangkat Windows 10 ini.

Selain mengenalkan perangkat SoC Snapdragon 850, Qualcomm juga turut mengumumkan kerja samanya dengan Samsung. Adapun kerja sama tersebut terkait dengan perangkat always on PC nantinya.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Samsung untuk menawarkan mobilitas sejati kepada para konsumen yang dikombinasikan dengan produktivitas dan entertainment dari Windows 10,” pungkas Alex.

Sekadar informasi, perangkat Windows 10 yang ditenagai Snapdragon Mobile Compute Platform diperkirakan akan mulai tersedia di ritel tahun ini.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi