Sony RX100 Mark VI, Kamera Saku Premium Berbekal Lensa Zoom Ampuh

27/07/2018, 20:05 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Unit kamera Sony RX100 terbaru. (Rian Alfianto / JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sony resmi mengumumkan kehadiran kamera terbaru. Kamera compact penerus Sony RX100 Mark V pendahulunya. Ya, dialah Sony RX100 Mark VI. Menyasar segmen premium yang hadir dengan kemampuan zoom mumpuni serta pembaruan lainnya yang tak kalah menawan.

Presiden Direktur Sony Indonesia, Kazuteru Makiyama mengemukakan bahwa Sony RX100 Mark VI hadir sebagai kamera ringkas. Cocok bagi mereka yang membutuhkan kamera praktis namun tetap andal. "Sony RX 100 Mark VI merupakan kamera yang sempurna untuk berbagai macam situasi dan dapat menghasilkan kualitas gambar terbaik," ujarnya di Jakarta,
Jumat (27/7).

"Sony RX100 Mark VI memiliki keunggulan utama dari segi lensa. Meski kamera ini adalah kamera saku, lensanya tidak boleh dianggap remeh. Sebab Sony RX100 Mark VI hadir menggunakan high magnification zoom lens dengan focal length 24-200 mm dengan bukaan (f) f2.8-4.5," kata Makiyama.

Unit kamera Sony RX100 terbaru. (Rian Alfianto / JawaPos.com)

Dirinya juga mengatakan bahwa kamera saku yang menyasar kalangan profesional ini, selain memiliki focal length seperti kamera dengan lensa tele. Keunggulan lainnya yang diusung yaitu kemampuan deteksi auto-fokus yang diklaim super cepat. Sony RX100 Mark VI digadang-gadang memiliki kemampuan auto-fokus 0,03 detik. Digabungkan dengan 315 titik  deteksi fasa bidang lokal. Mencakup 65 persen area gambar.

Dari segi spesifikasi, Sony RX100 Mark VI dilengkapi sensor gambar sebesar 20.1 MP. Selain itu, ada juga cip DRAM dan pemroses gambar BIONZ X yang diklaim telah mengalami peningkatan dengan front-end LSI untuk memaksimalkan kecepatan proses gambar. Sebagai tambahan, kamera tersebut juga dikalim mampu mengambil gambar hingga 24 fps pada resolusi penuh dengan pelacakan AF/AE terus menerusdan menghasilkan video 4K tanpa efek pixel binning.

Presiden Direktur Sony Indonesia, Kazuteru Makiyama di acara launching kamera Sony RX100 terbaru di Jakarta, Jumat (27/7). (Rian Alfianto / JawaPos.com)

Peningkatan lainnya adalah pengambilan video dengan kemampuan resolusi 4K HDR. Selain itu kamera saku ini juga hadir pertama kali dari keluarga RX100 dengan performa berkaliber profesional adalah S-Log3, 120p Full HD Mode, Picture Profile, proxy recording dan perekaman gambar super slow motion pada 240 fps, 480 fps hingga 960 fps. Lainnya dari faktor kontrol dan kemudahan, Sony RX100 Mark VI hadir dengan electric view finder 2,35 juta dot XGA OLED Tru-Finder dengan Zeiss Coating.

Sementara layarnya, penggunanya diberikan kemudahan memotret dan mengambil gambar dengan berbagai angel berkat adanya engsel yang bisa diatur hingga 180 derajat ke atas dan 90 derajat kebawah. Layarnya sudah LCD dengan touchscreen sebagai fungsi kontrol lainnya selain tombol fisik. Koneksinya sendiri, Sony RX100 Mark VI sudah hadir dengan fitur WiFi, NFC, dan Bluetooth.

Untuk harga dan ketersediaan, Sony RX100 Mark VI terbaru akan tersedia di Indonesia akhir Agustus mendatang. Tetapi sistem pra penjualan akan di mulai pada 27 Juli mendatang. Harganya sendiri untuk ukuran kamera saku memang terbilang mahal, jangan heran, sebab kamera ini adalah kamera premium dengan harga Rp 16,9 juta. Dari harga tersebut, jika pembeli mendapatkannya lewat program pra penjualan, maka akan mendapat bundle package berupa leather case dan baterai tambahan senilai Rp 1,4 jutaan.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi