alexametrics

Cara Mudah Motret Long Exsposure dengan Live Composite Olympus, Keren!

20 Januari 2019, 08:50:45 WIB

JawaPos.com – Olympus membagikan cara mudah untuk membuat foto long exposure melalui fitur Live Composite tanpa harus khawatir terhadap paparan sinar (over exposure) berlebih. Fitur yang hanya ada pada kamera Olympus ini diklaim sangat menghemat waktu saat pengambilan foto dan tidak lagi memerlukan aplikasi editing di komputer.

Secara umum, foto long exposure merupakan seni fotografi yang sangat populer. Ini memungkinkan untuk mengubah suasana malam yang gelap menjadi terang dan mengaburkan noise berkat fotografi digital. Foto long exposure misalnya seperti memotret kembang api, keramaian lalu lintas (light trail), lukisan cahaya (light painting), air terjun yang sangat halus, gugusan bintang (star trail), petir, dan sebagainya.

Dalam mode Live Composite dari Olympus, kamera akan memotret serangkaian gambar secara terus-menerus menggunakan waktu pencahayaan yang sama. Semua gambar digabungkan menjadi satu komposit dalam kamera. Gambar pertama digunakan untuk merekam cahaya sekitar. Setelah pemaparan pertama, hanya piksel yang lebih terang dalam gambar yang digunakan.

Olympus, Long Exsposure, Live Composite Olympus
Hasil foto long exposure lewat kamera Olympus. (Istimewa/Olympus/Harry Sebastian)

Pada kamera konvensional, untuk membuat foto long exposure bukan perkara mudah. Kesalahan eksposur ketika mengukur kecepatan rana membuat hasil foto yang tidak menyenangkan. Untuk membuat yang sesuai bisa butuh waktu dari beberapa menit hingga berjam-jam. Belum lagi proses editing di komputer yang memakan waktu.

Fotografer Professional Harry Sebastian menjelaskan, fitur Live Composite memungkinkan pengguna bisa menumpuk foto di dalam kamera untuk membuat gambar dengan eksposur lama. Hal ini biasanya tidak dapat dilakukan pada kamera konvensional atau dalam situasi pencahayaan dengan teknik long exposure normal tidak berfungsi.

“Menggunakan live composite juga mengurangi pengeditan dengan tidak harus menumpuk gambar di Photoshop. Karena bisa langsung menunjukkan bangunan eksposur secara real-time di layar kamera,” ungkapnya dalam keterangan resmi kepada JawaPos.com.

Lebih jauh, dia menjelaskan bahwa kunci kegunaan fitur Live Composite adalah memungkinkan pengguna untuk mengambil serangkaian foto dan menumpuknya bersama di dalam kamera. Metode ini akan membuat eksposur dasar dan hanya akan mengubah kecerahan serta merekamnya ketika cahaya baru ditambahkan. Kemudian menghentikan pemotretan eksposur ketika hasilnya sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Olympus, Long Exsposure, Live Composite Olympus
Hasil foto long exposure lewat kamera Olympus. (Istimewa/Olympus/Harry Sebastian)

Sandy Chandra, Marketing and Sales Manager Olympus Customer Care Indonesia (OCCI) menyebut Live Composite hanya ada di kamera Olympus. Fitur ini diklaim sangat memudahkan user dalam pembuatan foto long exposure dengan singkat dan praktis.

“Proses pergerakan cahaya dapat terlihat secara live pada LCD. User dapat membuat berbagai foto long exposure tanpa membuat gambar menjadi semakin terang seperti yang terjadi pada saat kamu menggunakan fitur BULB atau live bulb,” terangnya.

Eksposur dasar atau eksposur awal, lanjutnya, pada fitur Live Composite dapat dikontrol sesuai keinginan. “Hal ini memungkinkan kamu untuk memotret fire works, lightning, star trail, light trail, dan foto-foto long exposure menakjubkan lainnya dengan mudah,” imbuhnya.

Dia menyebut, pada dasarnya fitur Live Composite terdapat pada semua kamera Olympus yang ada di pasar saat ini, yaitu PEN E-PL7, E-PL8, E-PL9, PEN F, OM-D E-M10 mark I, E-M10 mark II, E-M10 mark III, E-M5 Mark II, E-M1 mark I, dan E-M1 mark II.

Olympus, Long Exsposure, Live Composite Olympus
Contoh kamera Olympus PEN E-PL7 yang punya fitur Live Composite. (Istimewa/Olympus/Harry Sebastian)

Adapun cara untuk mengaktifkan fitur tersebut pada kamera Olympus yang disebutkan di atas adalah dengan menggunakan mode M. Kemudian putar tombol dial control shutter, lalu pilih Live Composite, posisinya di shutter speed paling rendah. Selanjutnya, klik Menu untuk menentukan interval waktu shoot, ada 2sec-60sec, lalu klik ‘Ok’. Lantas tekan tombol shutter untuk menentukan eksposur kompensasi dasar atau awal.

Kemudian tekan kembali tombol shutter untuk memulai proses live composite. Selanjutnya proses live composite dapat dilihat secara langsung dan user dapat menentukan waktu yang diinginkan. Bila sudah cukup untuk melakukan live composite, tekan tombol shutter sekali lagi untuk mengakhiri.

Sementara pada kamera E-PL9 dan E-M10 Mark III, selain dapat mengaktifkannya pada menu M, terdapat pula menu AP (Advance Photo) yang dapat digunakan secara praktis. Kemudian lakukan langkah berikut. Pindahkan dial ke Mode AP, tekan tombol short cut, pilih Live Composite, kemudian tekan tombol shutter cukup sekali, sampai batas waktu yang kamu inginkan. Tekan tombol shutter sekali lagi untuk mengakhiri. Fitur ini diklaim bisa dilakukan selama 3 sampai 4 jam tergantung kondisi baterai.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Cara Mudah Motret Long Exsposure dengan Live Composite Olympus, Keren!