alexametrics

Mirrorless Nikon Z akan Punya Varian Ekonomis, Benarkah?

13 Maret 2019, 08:10:53 WIB

JawaPos.com – Menyusul langkah Canon yang merilis varian murah meriah dari lini kamera mirrorless full-frame EOS R-nya yakni EOS RP, kini giliran Nikon agaknya tak ingin ketinggalan. Dilansir JawaPos.com dari laman TechRadar, Selasa (12/3), Nikon digosipkan sedang mempersiapkan kamera mirrorless full-frame yang merupakan varian murah dari seri Z.

Nikon memulai seri Z-nya tahun lalu dengan meluncurkan dua model pada saat yang sama untuk memikat pelanggan seluas mungkin. Kamera mirrorless full-frame Nikon tersebut adalah Nikon Z6 dan Z7. Model Z6 menjadi varian termurah.

Adapun untuk rumor bahwa Nikon sedang mempersiapkan mirrorless full-frame terbaru dari seri Z dengan kategori entry-level merujuk pada konvensi penamaan yang paling mungkin dipilih oleh Nikon untuk seri ini adalah Nikon Z3 atau Nikon Z1. Berkenaan dengan rumor tersebut, sebuah gambar yang konon dari model terakhir kini telah muncul.

Nikon Z1, Mirrorless Nikon, Nikon Mirrorless
Bocoran gambar kamera Nikon Z1 terbaru. Varian ekonomis dari seri Z. (NikonRumours)

Laman Nikon Rumours mempertanyakan ‘apakah ini kamera mirrorless Nikon Z entry-level baru?’. Caption tersebut bersanding dengan tampilan bagian atas dan desain yang disederhanakan. Hal ini tentunya terlihat masuk akal. Gambar tersebut bisa jadi adalah Nikon Z versi murah meriah.

Seperti bisa dilihat dalam gambar, kamera yang digosipkan sebagai Nikon Z versi murah meriah itu tampak membawa logo ‘Z1’ di sisi kiri atas. Logo tersebut berbeda dengan seri Z6 dan Z7 yang penempatan logonya berada di sisi kiri bawah. Dengan demikian ada kemungkinan seri Z ekonomis bakal membawa desain yang sedikit berubah dari varian Z6 dan Z7.

Teks ‘FX Mirrorless Z-mount’ pada mount juga tidak konsisten dengan apa yang telah kita lihat sebelumnya. Sementara ikon Auto pada mode dial tidak berwarna hijau seperti pada Z6 dan Z7, tetapi putih. Fakta bahwa ikon-ikon pada dial ini berjalan berlawanan arah dengan yang ada pada Z6 dan Z7 juga membuat penasaran kemungkinan seri Z mengusung desain baru.

Seperti sudah kami beritakan sebelumnya, seri Nikon Z6 dan Z7 di Indonesia hadir dengan harga yang lumayan mahal. Nikon Z7 dan Z6 dilepas dengan harga yang berbeda. Untuk Nikon Z7 body only dibanderol Rp 56,499 juta, sedangkan jika dengan lensa kit Rp 63,499 juta, dan mount system Rp 66,499 juta.

Sementara produk kedua yakni Nikon Z6 untuk body-nya saja dilego seharga Rp 35,499 juta, sedangkan jika ingin dengan lensa kit harus merogoh kocek Rp 42,499 juta, dan mount system Rp 45,499 juta.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Mirrorless Nikon Z akan Punya Varian Ekonomis, Benarkah?