alexametrics

Bidik Bisnis Penyimanan Data, Fujifilm Kembangkan LTO

7 Maret 2019, 08:59:17 WIB

JawaPos.com – Perkembangan teknologi dewasa ini menuntut Fujifilm untuk terus berinovasi. Kali ini di Indonesia akan memasarkan perangkat keras LTO (linear tape-open) Ultrium Data Cartridge. Dalam pemasarannya, Fujifilm Indonesia menggandeng Harrisma Informatika Jaya.

Presiden Direktur Fujifilm Indonesia Noriyuki Kawakubo menyampaikan, bisnis data storage atau recording media adalah bisnis sangat potensial di Indonesia.

“Untuk itulah kami membentuk divisi Recording Media Fujifilm Indonesia tahun lalu. Kehadiran bisnis Recording Media Fujifilm Indonesia dan penunjukan Harrisma sejalan dengan kampanye branding global kami ‘Never Stop’,” kata Noriyuki di Jakarta, Rabu (6/3) kemarin.

Bidik Bisnis Penyimanan Data, Fujifilm Kembangkan LTO
Presiden Direktur Fujifilm Indonesia Noriyuki Kawakubo (kiri) bersama Direktur Utama Harrisma Informatika Yansen Setiawan (kanan) di acara penandatanganan kerja sama Fujifilm-Harrisma dalam memasarkan (Istimewa)

Noriyuki menambahkan, Fujifilm berkomitmen untuk tidak pernah berhenti memberikan nilai tambah melalui teknologi, produk, dan layanan yang eksklusif. “Kami berharap dapat meningkatkan kualitas hidup lebih banyak orang di Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Dirut Harrisma Informatika Yansen Setiawan menuturkan, pihaknya Harrisma selaku distributor produk Fujifilm optimistis menguasai pasar produk tersebut. Melalui kesepakatan kerja sama ini serta dengan pengalamannya, pihak Harrisma semakin memperkuat posisinya dalam industri data storage.

“Ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi Harrisma. Melihat pengalaman kami di dunia IT selama 33 tahun terakhir, kami optimistis Harrisma menguasai pasar LTO ini,” tegasnya.

Sebagai informasi, Linear Tape-Open (LTO) adalah teknologi pita magnetik untuk penyimpanan data yang dikembangkan para era 2000-an. LTO banyak digunakan oleh sistem komputer baik kecil maupun besar khususnya untuk back up data.

Meski saat ini tren penyimpanan data sudah mulai beralih ke penyimpanan berbasis komputasi awan alias Cloud. Teknologi LTO ini diyakini tetap banyak dibutuhkan. Terutama di perusahaan yang menyimpan dan melindungi data. Sekali pun sarana penyimpanan data saat ini sudah sangat canggih.

Berdasarkan hal itulah agaknya Fujifilm yakin bahwa produk LTO-nya masih dapat diterima oleh konsumen. LTO sebagai teknologi yang akan selalu dibutuhkan di masa mendatang karena data merupakan aset paling berharga bagi semua perusahaan.

Kehadiran teknologi storage ini membantu backup dan pengarsipan data dengan kecepatan, efisiensi dan biaya yang lebih rendah. Selain itu, pengguna teknologi LTO ini dapat mengakses data dengan cepat dan andal sehingga akan membantu laju perkembangan bisnis perusahaan.

Dalam perkembangannya, LTO telah menghadirkan beberapa generasi mulai dari LTO-1 yang berkapasitas 200 GB hingga 30 TB dan 750 MB/s.

Tak ingin kalah bersaing dengan brand lain di 2019 ini Fujifilm menjual beberapa seri LTO, salah satunya Fujifilm LTO Ultrium 7 Data Cartridges. Fujifilm LTO 7 ini dikatakan memiliki kapasitas sebesar 15.0 TB dan kecepatan transfer hingga 750 MB/s.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Rian Alfianto

Bidik Bisnis Penyimanan Data, Fujifilm Kembangkan LTO