alexametrics

Misterius! Beredar Foto Smartphone Baru Nokia Pakai Tiga Kamera Utama

26 Desember 2018, 10:57:46 WIB

JawaPos.com – Tak banyak terdengar kabar, Nokia tiba-tiba membuat kaget. Baru-baru ini beredar sebuah gambar misterius soal perangkat smartphone Nokia yang memiliki tiga buah kamera utama dan layar penuh tanpa notch.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman Gizchina, Rabu (26/12), perangkat smartphone yang membuat publik pencinta gadget ini geger pertama kali terpampang di media sosial Tiongkok, Weibo. Dalam sebuah unggahan yang dibagikan seseorang terlihat perangkat tersebut mengusung set-up triple kamera di bagian belakang bodinya.

Keyakinan bahwa perangkat tersebut adalah milik Nokia berasal dari logonya. Logo Nokia yang khas kendati sudah berganti kepemilikan oleh HMD Global ini terlihat di bagian belakang persis di bawah kamera utama, serta di bagian depan di bawah layarnya yang lega.

Nokia tiga kamera, Nokia lima kamera, Nokia smartphone terbaru
Bocoran perangkat Nokia sebelumnya yang bakal membawa lima kamera utama. (TheVerge)

Semakin membuat penasaran, pada bagian depan perangkat tidak terlihat adanya kamera selfie. Layarnya seperti disinggung di atas benar-benar penuh. Tanpa takik atau notch yang biasanya untuk tempat kamera selfie. Dari desain layar yang demikian, kemudian beredar spekulasi bahwa perangkat ini mungkin mengusung konsep kamera pop-up ala Vivo Nex, Oppo Find X, dan Xiaomi Mi Mix 3.

Jika ditilik lebih saksama lagi, bocoran gambar ini juga tidak menampilkan adanya pemindai sidik jari sebagai fitur keamanan di bagian belakang sebagaimana wajarnya fitur itu disematkan. Lagi-lagi bocoran gambar ini mengundang tanya.

Dengan tidak terlihatnya pemindai sidik jari di bagian belakang, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Perangkat ini hadir tanpa fitur tersebut atau fitur tersebut disematkan di balik layar yang dikenal sebagai in screen fingerprint scanner.

Nokia sendiri agaknya memang menjadi vendor yang ‘jarang tampil’. Tidak seperti rival-rivalnya, produk yang tengah dipersiapkan atau belum dirilis ke pasaran cenderung minim rumor dan bocoran. Pabrikan smartphone legendaris asal Finlandia itu seperti lebih senang menampilkan produk yang sudah jadi saja.

Namun begitu, melihat tren yang ada sekarang, bukan tidak mungkin perangkat misterius dengan tiga kamera itu akan hadir di pasaran. Terlebih Nokia malah dikabarkan tengah menyiapkan perangkat dengan lima kamera utama.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : (ryn/JPC)

Misterius! Beredar Foto Smartphone Baru Nokia Pakai Tiga Kamera Utama