JawaPos Radar

Apple Siapkan Chipset Terbaru yang Lebih Powerfull

25/05/2018, 08:55 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Apple, Tim Cook, chipset a12
CEO Apple Tim Cook. (Getty Images)
Share this image

JawaPos.com – Apple dikabarkan tengah mempersiapkan perangkat chipset terbaru. Chipset tersebut diperkirakan akan digunakan untuk iPhone generasi terbaru yang meluncur akhir tahun ini.

Salah seorang sumber mengatakan kepada Forbes bahwa produksi massal prosesor tersebut tengah dilakukan oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC). Lainnya, prosesor tersebut nantinya akan memiliki nama A12.

Chipset A12 malahan disebut akan menggunakan desain 7 nanometer yang dapat lebih kecil, lebih cepat, dan lebih efisien daripada chip 10-nanometer di perangkat Apple saat ini, seperti iPhone 8 dan iPhone X. Prosesor A12 diklaim akan memberi tenaga pada smartphone yang lebih powerfull dan mampu menjalankan aplikasi lebih cepat.

iPhone X, apple, chipset a12
iPhone X yang terakhir meluncur akhir 2017 lalu. (TheVerge)

Soal chipset dengan fabrikasi 7 nanometer sendiri sepertinya bukan hanya Apple yang ‘kejar tayang’. Sebab kompetitornya yakni Samsung juga disebut tengah bekerja untuk perangkat System on Chip (SoC) miliknya. Samsung disebut akan menanamkan chipset dengan fabrikasi 7 nanometernya pada generasi terbaru Galaxy Note 9 dan Galaxy S9.

Seperti biasa, vendor asal Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) ini memang terkenal hobi menutup rapat rahasia dapurnya. Ketika dikonfirmasi mengenai kebenaran kabar ini, seorang juru bicara Apple menolak berkomentar.

Apple dan generasi iPhone terbaru memang tengah santer terdengar belakangan ini. Tidak sampai di situ, raksasa teknologi rintisan mendiang Steve Jobs itu bahkan disebut akan membesut tiga smartphone sekaligus akhir tahun ini. Seri terbaru itu termasuk versi yang lebih besar dari desain iPhone X yang bisa jadi iPhone X Plus.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up